DAMPAK TRANSFORMASI EKONOMI DIGITAL DALAM UPAYA PERKEMBANGAN EKONOMI BERKELANJUTAN

Siti Rukmana Tanjung

Abstract


Penelitian ini berawal dari Ekonomi digital yang saat ini sedang berkembang pesat di seluruh dunia, termasuk Indonesia, terbukti dengan meningkatnya jumlah pengguna internet. Di era revolusioner kita saat ini, ekonomi digital merupakan proyeksi talenta baru yang dapat menginspirasi daya saing. Ada banyak tantangan dalam menghadapi transformasi ekonomi digital, seperti regulasi yang tidak jelas, masalah perpajakan, persaingan yang tidak sehat, dan tidak ratanya digitalisasi. Jika tantangan tersebut di tinjau dari pendidikan dan keterampilan maka bisa diuraikan menjadi kesenjangan keterampilan, adanya perubahan dalam kebutuhan tenaga kerja, dan rendahnya literasi digital. Tentunya hal-hal tersebut terjadi karna adanya kekurangan dari infrastruktur teknologi, akses internet yang terbatas dam rendahnya kualitas akses internet, namun dari pada itu ini semua adalah proses yang berkelanjutan. Penelitian ini merupakan studi pustaka dan merupakan hasil pemikiran peneliti. Jenis data menggunakan data sekunder dengan pendekatan kualitatif.  Program-program pendidikan digital dalam upaya untuk meningkatkan akses internet di daerah terpencil harus didorong melalui kolaborasi antara platform e-commerce, s-commerce, dan pemerintah. Ini menjadi langkah konkret untuk menjaga perkembangan ekonomi digital yang berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Arif Zunaidi, Nilna Fauza, Moch. Zainuddin, Imam Annas Mushlihin, & Binti Mutafarida. (2022). Training for MSME Development in an Effort to Improve Professional MSME Business Financial Governance. The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022), 4, 107–111.

Anggoro, A., Rohmah, I. Y. A., Irawan, N. C., Utomo, P., Putra, R. B., Tubarad, Y. P., Zulianto, M., Susanto, D., Metris, D., Musthopa, A., Zunaidi, A., & Miranda, M. (2023). Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi: Peluang dan Tantangan. Pustaka Peradaban.

Alfandi, M., Ribie, M. F., Fitria, M. L., Wahyuni, M. T., Zunaidi, A., Mochamad Alvido Zakaria, & Hidayah, I. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai e-Katalog Dalam Meningkatkan Visibilitas Dan Kehadiran Toko Zaidan di Dunia Digital. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 567–573.

Harjadi, D.W. and Hidayanto, A.N. (2018) ‘Exploring Factors Affecting the Intention to Use Social Commerce for Online Shopping’, International Journal of Tchnology, 9(6), pp. 1256–1265.

Kusumawijaya, M. and Huda, M. (2021) ‘Social Commerce: Exploring Indonesian Consumer Behavior on Instagram Shopping’, in. 5th International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech).

Leni, I. M., & Zunaidi, A. (2022). Indonesia’s Islamic Banking Strategy For Sustaining Financial Operations During The Pandemic. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 40–49. Retrieved from

Rachmalia, G., Zunaidi, A., & Maghfiroh, F. L. (2022). Analysis Of Sharia Banking’s Strategy In Facing Technology In The Digital Era. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(2), 422–435. Retrieved from

Sayag, R. and Litvin, S.W. (2019) ‘Understanding Social Commerce: A Systematic Literature Review and Directions for Further Research’, International Journal of Information Management, 46, pp. 222–233.

Sayogo, D.S. and Rahman, S.A. (2016) ‘User Experience in E-Commerce: A Case Study’, Journal of Theoretical and Apllied Information Technology, 91(1).

Zunaidi, Arif (2022). The Contribution of Abu-Hamid al-Ghazali to Shaping Businesspeople's Personalities. Tsaqafah Jurnal Peradaban Islam Vol 18, No 1 (2022) DOI: http://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v18i1.7610


Refbacks

  • There are currently no refbacks.