THE INFLUENCE OF THE USE OF JARITMATIC LEARNING METHODS ON NUMERATION ABILITY IN CLASS III STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL

Melyani Sari Sitepu, Wahyu Rizki, Bella Syahputri

Abstract


The purpose of this study is to determine how well third grade primary school children use Jarimatika as a way to improve their multiplication computation skills. This study focuses on the role mathematics plays in assisting pupils in solving multiplication counting difficulties. This is a result of pupils' reduced ability to finish multiplication worksheets and their use of tedious teaching techniques, which makes arithmetic seem challenging. The experimental approach employed in this study was a quasi-experimental design. A test sheet served as a guide for gathering data for this investigation. Methods of descriptive statistical analysis are used to present research data. The study's findings demonstrate that the experimental group's pretest and posttest scores have gone higher. At the 5% significance level, the t test findings indicate that mathematics use affects third grade primary school kids' multiplication learning outcomes, with a significant value of 0.030, which is less than 0.05.


Full Text:

PDF

References


Achmad, Abdul Kholid. 2021. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1(3):125–32. doi: 10.57032/edukasi.v1i3.105.

Afriani, Dini, Asri Fardila, and Galih Dani Septian. 2019. “Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 02(05):191–96.

Chasanah, Maulida Zulfa. 2019. “Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Kemmpuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020.”

Hakim, Zerri Rahman, Ujang Jamaludin, and Mukhtar. 2017. “Peningkatan Kemampuan Matematis Pada Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 2 Sumber Agung Melalui Pendekatan Jarimatika.” JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 3(1):26–32.

Himmah, Khusnul, Jamal Makmur Asmani, and Latifah Nuraini. 2021. “Efektivitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 1(1):57–68. doi: 10.35878/guru.v1i1.270.

Lestari, Dwi Wiji. 2019. “Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Ngestirahayu.”

Muslihah, Neni Nadiroti, and Lisna Tiawati. 2016. “Analisis Metode Jari Magic ( Jarimatika ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dan Motivasi Belajar Siswa.” (32).

Putri, Wafiq Andriani. 2023. “Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas v Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika Pendahuluan.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika 02(02):123–28.

Radinal, Willy. 2021. “Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik Di Era Disrupsi.” 1(1).

Ray, Devi Yusra, and Choiriyah. 2021. “Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Bermain Jarimatika.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):2–5.

Romlah, Medinda, Nina Kurniah, and Wembrayarli. 2016. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa.” Junal Ilmiah Potensia 1(2):72–77.

Salsinha, Cecilia Novianti, Eva Binsasi, and Elinora Naikteas Bano. 2019. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Metode Jarimatika Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 15(2):73–84.

Siregar, Raja Lottung. 2021. “Memahami Tentang Model, Strategi, Metode, Pendekatan, Teknik, Dan Taktik.” Jurnal Pendidikan Islam 10(1):63–75.

Sitio, Tiarmina. 2017. “Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu.” Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 6(September):146–56.

Sumirat, Idham, Trimurtini, and Wahyuningsih. 2016. “Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD.” Jurnal Kreatif (September).

Suparni, Suparni. 2018. “Efektifitas Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Bagi Anak Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.” Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains 6(02):45. doi: 10.24952/logaritma.v6i02.1273.

Syaparuddin, and Elihami. 2020. “Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Guru Terhadap Siswa Dalam Kehidupan Bermasyarakat.” Jurnal Edukasi Nonformal 1(2).

Tarigan, Daitin, and Purti Muliyati Nst. 2014. “Penggunaan Teknik Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik Kelas II SD Negeri 101774 Sampali Percut Sei Tuan.” JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED 90–109.

Utami, Nur Aini Tri. 2018. “Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun Ke-7.

Utami, Rizky Esti, Aryo Andri Nugroho, Ida Dwijayanti, and Anton Sukarno. 2018. “Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah.” Jurnal Nasional Pendidikan Matematika 2(2):268–83.

Yudha, Firma. 2019. “Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern.” Jurnal Pendidikan Matematika 5:87–94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.