CARA NABI DALAM MENDIDIK ANAK

Wardah Solin

Abstract


Pembahasan ini bertujuan untuk menghadirkan kembali ilmu tentang bagaimana cara nabi dalam mendidik anak.yang di mana dalam islam Rasulullah adalah sebaik baik pengajar dalam setiap segi kehidupan, baik itu dalam ibadah, akhlak, sosial, dan juga dalam bidang pendidikan anak. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis teks yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist nabi dan juga dari buku yang berkaitan dengan pokok bahasan yang sudah saya cantumkan di atas. Dari hasil kajian yang ditemukan, bahwa rasulullah mengajarkan bagaimana sikap orang tua dalam pembentukan jiwa anak, dan bagaimana cara dan metode yang terbaik yang sudah dilakukan oleh nabi dalam proses pendidikan anak. Kita sebagai orang tua yang ingin menciptakan generasi terbaik sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, perlu mengetahui apa-apa saja yang harus dipersiapkan dalam mendidik anak, dan apa saja metode yang dapat di realisasikan dalam perkembangan usia anak. 

Full Text:

PDF

References


Muhammad Qutb, Manhaj At-Tarbiyah Al-Islamiyah. 2/117

Diriwayatkan Tirmidzi dan disebutkan juga dalam Mustadrak Imam Hakim dengan sedikit penjelasan tentang hewan yang ditunggangi

Lihat Jami’ul Ushul 5/83 ed. Al-Arna’uuth. Imam Nawawi juga menyebutkannya dalam kitabnya ”Riyaadhush shalihin”bab:At-Tanaffus fii umur Al-Akhirah.

At-Tarbiyah Al-Islamiyah, hal.130.

Minhajut Tarbiyah Al-Islamiyah ,Muhammad Qutb.

Silsilah Hadist Shahih,no. 70.

Suwaid,Muhammad Ibnu Hafidh. 2004. Manhaj Tarbiyah Nabawiyah Lith Thifli. Jakarta:Al-I’tishom

Hamim,Thohari. 2004. Contoh-Contoh Aplikatif dari kehidupan salafush shalih dan ulama Amilin. Jakarta: Al-I’tishom

Al-Buthi, Dr. Sa’id Ramadhan. Tajribat At-Tarbyah Al-Islamiyah.

Ali, Ibrahim. Shahih Sirah An-Nabawiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.