KOMUNIKASI ISLAM DALAM TATARAN MEDIA BARU DI INDONESA

Mailin Mailin, Alya Rahmayani Siregar, Al Sukri

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi Islam di Indonesia dalam tataran media baru. Data menunjukkan bahwa iklim keterbukaan informasi di Indonesia sudah sangat masif karena mayoritas masyarakatnya sudah memiliki akses digital. Keterbukaan informasi ini masih menjadi isu kontemporer di Indonesia, dalam tataran positif masyarakat pada saat ini sudah bisa mengakses informasi secara merata. Di sisi lain, keterbukaan informasi ini justru memunculkan konflik seperti hoax, ujaran kebencian, privasi dan sebagainya. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kritis. Data primer dalam artikel ini adalah literatur media baru versi Pierre Levy sedangkan data sekunder yang digunakan adalah buku, artikel ilmiah dan reportase yang berkenaan dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa tantangan komunikasi global di Indonesia, yaitu: 1) Disinformasi dan Hoaks, 2) Pengabaian Dampak Budaya dan Bahasa, 3) Ketidaksetaraan Akses, 4) Privasi dan Keamanan Data, 5) Konflik Digital dan Cybersecurity, 6) Polarisasi dan Filter Bubble, 7) Ketergantungan Teknologi, 8) Kekhawatiran Etika Kecerdasan Buatan dan 9) Kesulitan dalam Regulasi Global. Artikel ini sudah menyusun serangkaian upaya transformasi tantangan ini menjadi peluang. Narasi besar dalam upaya pengentasan tantangan ini adalah literasi digital. Idealnya, komunikasi global di era media baru ini dapat memunculkan kecerdasan kolektif, penyebarluasan informasi dan inklusi ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Annas, F. B., Petranto, H. N., & Pramayoga, A. A. (2019). Opini Publik Dalam Polarisasi Politik Di Media Sosial Public Opinion Of Political Polarization On Social Media. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 20(2).

Asril, S. (2021). Optimalisasi Potensi Budaya Menuju Pariwisata Berkualitas Pasca Pandemi di Kasepuhan Citorek. Warta Pariwisata, 19(2). https://doi.org/10.5614/wpar.2021.19.2.08

Aulia, L. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Mengenal Indentitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa untuk Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Aziz, F. (2016). KEINDONESIAAN, BUDAYA LOKAL DI INDONESIA, DAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 22(2). https://doi.org/10.17509/jpis.v22i2.2189

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html

Chinoda, T., & Kapingura, F. M. (2023). Digital financial inclusion and economic growth in Sub-Saharan Africa: the role of institutions and governance. African Journal of Economic and Management Studies. https://doi.org/10.1108/AJEMS-09-2022-0372

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=PViMtOnJ1LcC

Dauber, D., & Spencer-Oatey, H. (2023). Global communication skills: contextual factors fostering their development at internationalised higher education institutions. Studies in Higher Education, 48(7). https://doi.org/10.1080/03075079.2023.2182874

Dewi Bunga, Cokorde Istri Dian Laksmi Dewi, & Kadek Ary Purnama Dewi. (2022). Literasi Digital Untuk Menanggulangi Perilaku Oversharing di Media Sosial. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i1.9

Drozdova, K., & Gaubatz, K. T. (2022). Quantifying the Qualitative: Information Theory for Comparative Case Analysis. In Quantifying the Qualitative: Information Theory for Comparative Case Analysis. https://doi.org/10.4135/9781071878682

Edmonds, W. A., & Kennedy, T. D. (2020). An Applied Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. In An Applied Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. https://doi.org/10.4135/9781071802779

Fernando, F., & Handoyo, S. E. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Media Sosial, dan e-Commerce terhadap Keputusan Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1). https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17171

Fitri, D. K., & Irwansyah, I. (2023). SOCIETY 5.0: NOMOPHOBIA DAN KETERGANTUNGAN PADA TEKNOLOGI (SMARTPHONE) SECARA PENGGUNAAN SERTA KOMUNIKASI PADA KALANGAN MASYARAKAT. Journal Acta Diurna, 19(1). https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2023.19.1.7024

Habibah, A. F. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. 3(2), 350–363.

Holford, D., Fasce, A., Tapper, K., Demko, M., Lewandowsky, S., Hahn, U., Abels, C. M., Al-Rawi, A., Alladin, S., Sonia Boender, T., Bruns, H., Fischer, H., Gilde, C., Hanel, P. H. P., Herzog, S. M., Kause, A., Lehmann, S., Nurse, M. S., Orr, C., … Wulf, M. (2023). Science Communication as a Collective Intelligence Endeavor: A Manifesto and Examples for Implementation. In Science Communication (Vol. 45, Issue 4). https://doi.org/10.1177/10755470231162634

Kartikawati, D. (2019). Implementasi Difusi Inovasi pada Kemampuan Media Baru dalam Membentuk Budaya Populer (Kajian pada Media Youtube di Kalangan Remaja). EKSPRESI DAN PERSEPSI : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 1(1). https://doi.org/10.33822/jep.v1i01.447

Krippendorff, K. (2022). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. In Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. https://doi.org/10.4135/9781071878781

Lévy, P. (1997). Cyberculture. Rapport au Conseil de l’Europe. In Hors collection.

Li, R., Zhao, Z., Xu, X., Ni, F., & Zhang, H. (2020). The Collective Advantage for Advancing Communications and Intelligence. IEEE Wireless Communications, 27(4). https://doi.org/10.1109/MWC.001.1900417

Pabubung, M. R. (2023). Era Kecerdasan Buatan dan Dampak terhadap Martabat Manusia dalam Kajian Etis. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.23887/jfi.v6i1.49293

Prawiro, M. (2023). Pengertian Internet: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Dampak Internet. Maxmanroe.Com.

Ramadhani, M. R., & Pratama, A. R. (2020). Analisis Kesadaran Cybersecurity Pada Pengguna Media Sosial Di Indonesia. Journal.Uii.Ac.Id, 1(2).

Rizana, R., Utama, A. S., & Svinarky, I. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP DINAMIKA MASYARAKAT DAN LAHIRNYA BENTUK-BENTUK PERBUATAN HUKUM BARU DI MEDIA SOSIAL. Jurnal Cahaya Keadilan, 9(2). https://doi.org/10.33884/jck.v9i2.4520

Santi Widianti. (2020). Konektivitas dan Kolaborasi: Peran Information Communication Information (ICT) Sebagai Enabler Musisi Generasi Net Indonesia Menembus Industri Musik Global. Jurnal Budaya Nusantara, 4(1). https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol4.no1.a3244

Siregar, V. D., & Tafonao, T. (2021). BERBAGAI KONFLIK DIALAMI OLEH REMAJA DI ERA DIGITAL 4.0 DITINJAU DARI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN AFEKTIF. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1(1). https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v1i1.79

Slapničar, S., Vuko, T., Čular, M., & Drašček, M. (2022). Effectiveness of cybersecurity audit. International Journal of Accounting Information Systems, 44. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2021.100548

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. 2014/Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.

Surya Abadi, H. (2019). Media Sosial dan Antitesis Jurnalisme. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(1). https://doi.org/10.37826/spektrum.v7i1.26

Veiga, R., Sadkhan, S. B., Aldalahmeh, S., & Soares de Carvalho, F. B. (2023). Global Communications Newsletter. IEEE Communications Magazine, 61(4). https://doi.org/10.1109/mcom.2023.10106171

Wang, V. (2021). Promoting qualitative research methods for critical reflection and change. In IGI Global: Harshey PA.

Yin, R. K. (2013). Case study research: Design and methods. Applied Social Research Methods Series, 18(2). https://doi.org/10.1097/00001610-199503000-00004

Young, M. D., & Diem, S. (2023). Handbook of Critical Education Research: Qualitative, Quantitative, and Emerging Approaches. In Handbook of Critical Education Research: Qualitative, Quantitative, and Emerging Approaches. https://doi.org/10.4324/9781003141464

Yuniar, A. D. (2019). [RETRAKSI] DINAMIKA PRAKTIK JURNALISME WARGA MELALUI MEDIA BARU. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 11(1). https://doi.org/10.23917/komuniti.v10i3.6272

Zakaria, D. (2023). Praktik Kewargaan Digital Sebagai Edukasi Publik: Kajian Aktivisme Digital Di Indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(6). https://doi.org/10.25139/jkp.v6i6.5293


Refbacks

  • There are currently no refbacks.