PENGARUH MINAT BACA DAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 1 SERBAJADI

Risa Wulandari, Tati Handayani

Abstract


Studi kasus ini berawal dari  nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP kurang dari setengah, hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa hanya ada beberapa peserta didik yang memenuhi titik potong 72 poin rata-rata, sedangkan titik potong minimum 75 poin dipenuhi oleh beberapa peserta yang tersisa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui signifikansi penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Serbajadi pada mata pelajaran PABP dan mengetahui signifikansi minat baca dan penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 SERBAJADI pada mata pelajaran PABP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian  kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 266 dan peneliti mengambil sampel sejumlah 159 responden. Instrument pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 74,2% . 2) Minat baca siswa  dominan dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 74,8%. 3) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi termasuk dalam kategori cukup baik dengan perolehan prosentase sebesar 74,8%. 4) Minat baca berpengaruh signifikan sebesar 41,9%. 5) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh signifikan sebesar 41,8%. 6) Minat baca dan penerapan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh secara signifikan sebesar 47,8% terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Serbajadi Pada Mata pelajaran PABP

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2019. Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta,

Ardiani, Rike dan Rasto, Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswi, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 4, No. 1, Januari 2019,

Dolet Unaradjan, Dominikus. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Jihad, Asep. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Muti Pressindo.

Kanusta, Maria. 2021.Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Lilya Susanti, Eng. 2018. Modul Metode Penelitian. Malang: Universitas Brawijaya.

Mutiara Salsabila Nuristiqomah, “Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Variabel Moderator Pemanfaatan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi”, Skripsi, 2019.

Nur Aidah, Siti. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode Dan Model Pembelajaran. Jogjakarta: KBM Indonesia.

Nurani, “Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMPN 1 Sambit Tahun Ajaran 2019/2020

Sa‘adah, Lailatus. 2019. Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Jombang: LPPM Universitas KH.A Wahab Hasbullah.

Saiful Anwar dkk. Peningkatan Hasil Belajar Materi Tarikh Islam dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Metode Mind mapping. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 3, No. 1 Tahun 2022.

Sobri,Muhammad. 2020. Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Bogor: Guepedia

Suhendra, Indra. 2021. Dimensi Modal Manusia, Pertumbuhan, Ekonomi, Dan Ketimpangan Pendapatan: Sebuah Potret Dari Indonesia. Bandung: Media Sanis Indonesia.

Umi Hanik Gustina, “Pengaruh Minat Baca Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung”, skripsi, 2019

Via Listianingrum, “Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Krikilan, Bayat, Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021”, Skripsi, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.