PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Indra Maryanti, Surya Wisata Dachi

Abstract


Model pembelajaran project based learning seringkali disebut dengan metode pengajaran yang menggunakan persoalan masalah dalam sistemnya dengan tujuan mempermudah siswa dalam proses pemahaman serta penyerapan teori yang diberikan. Model tersebut menggunakan pendekatan kontekstual serta menumbuhkan keahlian siswa dalam berpikir kritis. Sehingga mampu mempertimbangkan keputusan paling baik yang diambil sebagai solusi penyelesaian dalam permasalahan yang diterima. Hal ini bertujuan menguasai suatu materi sehingga bisa dipakai untuk memecahkan masalah yang sering dihadapi. Oleh karena itu siswa harus lebih aktif dalam proses pembelajaran serta tidak bergantung pada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apakah ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis project based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa? (2)Berapa persen pengaruh penggunaan bahan ajarberbasis project based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa?. Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis project based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa (2)Untuk mengetahui Berapa persen pengaruh penggunaan bahan ajarberbasis project based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes. Dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-B berjumlah 25 siswa.. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh t hitung > ttabel yaitu 15,27 > 2,064 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajarberbasis project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dan besarnya pengaruh penggunaan bahan ajarberbasis project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa adalah 59,03 % dan sisanya sebesar 40,97 % dipengaruhi oleh faktor lain.


Full Text:

PDF

References


Almas, A. (2020). skripsi almas adlina. 21(1), 1–9.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Elida pretty silitonga. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2019/2020. 21(1), 1–9.

Indra Maryanti, E. a. (2022). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap terhadap. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT) Vol., 3(3), 196-207105–207113.

Maya Nurfitriyani, 2016. Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, 6 (2).

Razak, A., Amri, Z., & Halomoan, T. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL DENGAN MODEL ADDIE BERBASIS FLIPPDF PROFESSIONAL MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP JAMBI MEDAN ( Development of the e-module leads with an addie based model of Flip Pdf Professional materials “ Bangun ruang sis. 4(19), 63–70.

Ritonga, S. Y. K., & Maryanti, I. (2023). The Effect of the Student Facilitator and Explaining Learning Model on the Mathematics Learning Outcomes of Harapan Mekar Middle School Students in Medan. EDUCTUM: Journal Research, 2(1), 25–29. https://doi.org/10.56495/ejr.v2i1.315

Sembiring, I., & Wardani, H. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dan Kecemasan Belajar Matematika Ditinjau Dari Gender Sisiwa. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 13–23.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348


Refbacks

  • There are currently no refbacks.