INDIVIDUAL RATIONAL BEHAVIOR: DON’T ADVERSE SELECTION IN ONE THE FINAL DECISION TO BECOME A CUSTOMER (CASE STUDY OF BANK ISLAM MALAYSIA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifah, D. A. N., & Wardana, G. K. (2022). Pengaruh Likuiditas, Efektivitas, dan Pembiayaan Bagi Hasil terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 5(1), 158-171.
Afrina, D., & Achiria, S. (2019). Rasionalitas Muslim terhadap Perilaku Israf dalam Konsumsi Perspektif Ekonomi Islam. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 23-38.
Afwa, M.S., & Sulistyowati, S. (2023). Analisis Perkembangan Perbankan Syariah di Malaysia. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 3(2), 67-77.
Ahmadi, R., & Siswanto, S. (2023). Pengaruh Service Quality dan Tingkat Religiusitas terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 164-170.
Al-Ghifari, M. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Biaya terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Denpasar Bali. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 5(2), 421-434.
Aliefah, A. N. (2021). Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar, PDB, Bagi Hasil terhadap Deposito Mudharabah Bank Syariah Bukopin. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 5(01), 45-70.
Alwyah, L. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Sistem Bagi Hasil terhadap Keputusan Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah Indonesia KC Mataram (Studi Kasus Mahahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2018 UIN Mataram). (Doctoral dissertation), UIN Mataram.
Amelia, I. S., & Fauzi, A. M. (2021). Pilihan Rasional Masyarakat Lamongan dalam Memilih Bank Syariah. MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 10(1), 88-99.
Andriani, G. F., & Halmawati, H. (2019). Pengaruh Bagi Hasil, Kelompok Acuan, Kepercayaan, dan Budaya terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1322-1336.
Annisa, L. N., & Yaya, R. (2015). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil, dan Non-Performing Financing terhadap Volume dan Porsi Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil pada Perbankan Syariah di Indonesia. Share: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 4(1), 79-104.
Antoni, M.S. (2015). Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Aulia, P., & Siregar, P. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Produk Pembiayaan terhadap Pengembangan UMKM Nasabah (Studi Bank Wakaf Mikro Pesantren Mawaridusallam). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 469-477.
Azhar, I. A., Suprapto, R., & Fuad, N. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung pada Nasabah di Bank Syariah Indonesia Cabang Rogojampi. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 3(1), 61-73.
Badi’ah, L., Fiandi, M., & Pertiwi, C. (2022). Pengaruh Strategi Word Of Mouth (WOM), Sharia Compliance, dan Tingkat Religiusitas terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Palembang. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 1(2), 1-9.
Borhan, J.T. (2005). Teori dan Aplikasi Temporer: Sistem Ekonomi Islam di Malaysia. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sdn Bhd.
Cahyani, W. N., Falah, S., & Wijayanti, R. Y. (2018). Analisis Pengaruh ROA, ROE, BOPO, dan Suku Bunga terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah pada Perbankan Syariah. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 105-128.
Casriyanti, C. (2020). Pengaruh Religiusitas, Consumer Knowledge, dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Bank Syariah. Jurnal Tasyri': Jurnal Muamalah dan Ekonomi Syariah, 2(1), 52-70.
Chapra, M.U. (2019). Sistem Moneter Islam. Jakarta: Aqwam.
Daradjat, Z. (2015). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Dasopang, K. H., & Rokan, M. K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Pembiayaan terhadap Minat dan Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP. Kotapinang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(6), 755-762.
Ellis, A. (2009). Rational Emotive Behavioral Therapy for Addiction. New York: Psycotherapy.Net.
Fandy, T. (2022). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.
Firmansyah, A. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 2(3), 16-22.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Guntoro, S., & Ahmad, A. (2022). Dinamika dan Problematika Ekonomi Syariah di Negara Islam. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), 120-127.
Hakim, F. W., Hasan, A., & Putra, I. (2022). Pengaruh Religiusitas terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah di Kota Bandar Lampung. Al-Mashrof: Islamic Banking and Finance, 3(2), 80-99.
Hoffman, K.D., & Bateson, J.E.G. (2011). Services Marketing: Concepts, Strategies, & Cases. USA: South-Western Cengage Learning.
Iffah, L. (2018). Persepsi Nasabah terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 79-96.
Ila, N. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Persepsi Santri Putri Pondok Pesantren Aisyiyah Imadul Bilad terhadap Minat Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. (Doctoral dissertation), IAIN Metro.
Isfandiar, A. A. (2015). Melacak Teori Rasionalitas Ekonomi berbasis Islamic Ethics. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 23-41.
Istifhama, L. (2019). Merumuskan Pemikiran Ekonom Muslim tentang Rasionalitas dalam Perilaku Konsumen. Jurnal Keislaman, 2(2), 166-177.
Janah, N. J. N., & Siregar, P. A. (2018). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Indonesia. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 163-183.
Kamal, S. A. (2019). Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Mandiri kc. Curup (Doctoral dissertation), IAIN Curup.
Karim, A.A. (2017a). Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Karim, A.A. (2017b). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Khaliq, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Relevance: Journal of Management and Business, 2(1), 177-178.
Kholiviana, N. (2022). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Emosional, dan Faktor Rasional terhadap Keputusan Masyarakat dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus di Desa Seureuke Kec. Langkahan Kab. Aceh Utara) (Doctoral dissertation), UIN Ar-Raniry.
Kilau, P. H. (2020). Pengaruh Pemahaman Mahasiswa Perbankan Syariah Atas Bunga dan Bagi Hasil terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Purwokerto Angkatan 2016-2019). (Doctoral dissertation), IAIN Purwokerto.
Maharani, D., & Hidayat, T. (2020). Rasionalitas Muslim: Perilaku Konsumsi dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 409-412.
Mahyuni, M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan dan Nisbah Bagi Hasil terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank BRI Syariah di Kabupaten Pinrang. (Doctoral dissertation), IAIN Parepare.
Metra, R. Y., Miswardi, M., Dewi, Y. A., & Nasfi, N. (2020). Pengaruh Emosional, Rasional Keputusan Nasabah Memilih Bertransaksi dengan Bank Muamalat. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 357-364.
Muhammad. (2015). Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Mulyana, R. A. (2018). Sikap dan Persepsi Konsumen terhadap Perbankan Syariah di Indonesia dan Malaysia. Jurnal Naratas, 1(1), 38-51.
Musyaffa, H., & Iqbal, M. (2022). Pengaruh Religiusitas, Kualitas Layanan, dan Promosi terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Perbanas Journal of Islamic Economics and Business, 2(2), 167-177.
Nur, M., Masud, M., & Mursalim, M. (2020). Determinan Keputusan Rasional Menjadi Wajib Pajak Prioritas. Journal of Accounting and Finance (JAF), 1(1), 17-40.
Ngasifudin, M. (2018). Rasionalitas dalam Ekonomi Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 7(2), 111-119.
Oktavianti, R., & Amsari, S. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Perbankan Syariah di Tadika Bijak Lestari Al-Fikh Orchard Georgetown Penang. Hijri, 13(1), 30-39.
Pohan, S. (2016). Peranan Penggunaan Agunan di Bank Islam Hubungannya dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah di Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 120-146.
Pramono, N. H. (2013). Optimalisasi Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil pada Bank Syariah di Indonesia. Accounting Analysis Journal, 2(2), 154-162.
Prijanto, B., Pulung, R. F., & Sari, A. R. (2021). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional di Kota Depok Menggunakan Carter Model. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 4(1), 178-194.
Purwati, A. A., & Hamzah, Z. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Journal of Economic, Bussines, and Accounting (COSTING), 3(1), 98-105.
Putri, S., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Pengaruh Produk, Pelayanan, dan Motivasi Menghindari Riba terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah. El mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 30-43.
Putri, Y., Solihat, A., Rahmayani, R., Iskandar, I., & Trijumansyah, A. (2019). Strategi Meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah Melalui Penerapan Religiusitas. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, 16(1), 77-88.
Rachmawati, A., & Widana, G. O. (2019). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, dan Lokasi terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Bank Syariah. LiQuidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 8(2), 111-123.
Siregar, P. A. (2018). EKSTERNAL DAN INTERNAL DALAM MENENTUKAN NON PERFORMING FINANCING PADA PERBANKAN SYARIAH. Jurnal At-Tabayyun, 1(1), 88-112.
Rini, E. E. D. S. (2022). Pengaruh Promosi, Penerapan Prinsip Syariah, dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank BNI Syariah. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 3(1), 52-62.
Sabri, S., Febrianti, E., Asnah, A., & Al-Amin, A. A. (2023). Konsep Rasional Ekonomi Konvensional dan Syariah Melalui Berbagai Perspektif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11047-11058.
Safriani, S., & Siregar, P. A. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Al-Washliyah Medan. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2), 1-17.
Sakti, R. A. (2020). Pengaruh Perilaku, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan iB Amanah di Bank NTB Syariah. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 9(1), 87-102.
Saputra, R. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah. (Doctoral dissertation), IAIN Padangsidimpuan.
Satiti, P. W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Lokasi, dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa FAI UMY). (Doctoral dissertation), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2004). Consumer Behavior. USA: Prentice-Hall, Inc.
Soedarmayanti. (2011). Prestasi dalam Pengembangan Pemberdayaan dan Pendayagunaan Pegawai. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Siregar, P. A., & Anip, A. (2023, March). THE INFLUENCE OF MOTIVATION TO AVOID USURY, PRODUCT KNOWLEDGE AND RELIGIOUS ON THE DECISION TO BECOME A CUSTOMER AT BPRS GEBU PRIMA. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 20-27).
Sjahdeini, S.R. (2022a). Perbankan Islam dan Kedudukannya dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Sjahdeini, S.R. (2018b). Perbankan Syariah: Produk-produk dan Aspek-Aspek Hukumnya. Jakarta: Kencana.
Sumantri, B. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Pembiayaan terhadap Minat dan Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Jurnal Economia, 10(2), 141-147.
Tafsir, M., Bahrun, R. B., Sari, D., & Fahreza, M. (2020). Pilihan Menjadi Nasabah Bank Syariah: Mengukur Pengaruh Modal Intelektual dan Literasi Bank Syariah. Jurnal Mirai Management, 5(1), 324-331.
Takim, A. (2021). Pengaruh Produk, Nisbah Bagi Hasil, dan Religiusitas terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah Mandiri Kota Ternate. Al-Mizan: Jurnal Kajian Hukum dan Ekonomi, 7(02), 91-113. doi: 10.59115/almizan.v7i02.60.
Tanjung, H., & Devi, A. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing.
Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh Religiusitas terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(2), 54-69.
Turban, E. (1995). Decision Support Systems. USA: Prentice-Hall, Inc.
Uki, F., & Pradesyah, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Good Corporate Govermance (GCG) terhadap Minat Transaksi di Bank Islam (Studi Kasus di Bandar Park Land, Slangor, Malaysia). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3059-3069.
Umro, J. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural. Al-Makrifat: jurnal kajian Islam, 3(2), 149-166.
Wahyuni, S. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 437-459.
Widiawati, H. S. (2020). Pengaruh Brand Image Produk Syariah dan Religius terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Kota Kediri. JUPEKO Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 64-83.
Wiranatakusuma, D. B., Muqorobin, M., & Yuliadi, I. (2016). Kajian Konsep Rasional dan Maslahah dalam Pengembangan Perbankan Syariah: Studi Perbandingan antara Indonesia dan Malaysia. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 17(1), 77-88.
Wulandari, Y. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan, Religiusitas, dan Motivasi terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus pada BRI Syariah KCP Magelang). (Doctoral dissertation), IAIN SALATIGA.
Yahya, M. A. (2020). Pengaruh Pemahaman Bagi Hasil dan Bunga terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah pada Mahasiswa Perbankan Syariah. (Doctoral dissertation), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Zainal, N. S. (2002). Perbankan Islam: Bank Islam Malaysia Berhad. Wahana Akademik, 1(1), 101-108.
Zein, A. S. (2018). Analisis Perilaku Nasabah dalam Memilih Bank Syariah di Kabupaten Mandailing Natal. At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 4(2), 222-236.
Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021). Pengaruh Religiusitas, Persepsi, dan Motivasi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 114-130.
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.22191
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.22191.g12776
Refbacks
- There are currently no refbacks.