OPTIMIZATION OF THE USE OF WHATS APP SOCIAL MEDIA AS AN EFFORT TO IMPROVE WRITTEN LANGUAGE SKILLS IN BIPA LEARNERS : RESEARCH STUDIES IN BIPA UMSU INSTITUTE
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, H. R. I. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Amalia, R., Hildayati, I., Amala, A. A., Wardhani, D. A. S., Putra, D. W., & Asteria, P. V. (2022). The Development of Pluricultural Based Presentation Teaching Materials for BIPA Students. MATAPENA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(02), 457-465.
Aminullah, F. D. S., Sodiq, S., & Inayatillah, F. (2024). Genre-Based Approach (GBA) sebagai Terobosan dalam Keterampilan Menulis Pemelajar BIPA. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 7(2), 403-416.
Ardiani, Fita Kusuma dan Pujiriyanto (2022). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal EPISTEMA, 3 (2), 81-90. DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50555
Butar-butar, C., & Isman, M. (2023). Speech of Body Shaming, Insult and Defamation in Social Media in the Jurisdiction. Randwick International of Social Science Journal, 4(2), 431-438.
Hartatik, S. F., & Lestari, H. D. (2021). Penggunaan WhatsApp sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Nomosleca, 7(1), 45-56.
Hayati, E. N. M., Sukur, A., Nabila, A., Kusuma, A. D., Amalia, D. A., Aini, F. N., & Hanafi, Y. (2024). Peran Media Sosial Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Di Era Society 5.0. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(9), 2-2.
Hermoyo, R. P., & Suher, M. (2017). Peranan budaya lokal dalam materi ajar bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b).
Humaira, P., & Syamsuyurnita, S. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wattpad terhadap Keterampilan Menulis Teks Naskah Drama pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak TA 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1841-1851.
Indah, T., & Hariyanti, P. (2018). Implementasi kebijakan keterbukaan informasi publik pada dinas kominfo kota tasikmalaya. Jurnal Komunikasi, 12(2), 127–140.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).
Jiang, D., & Kalyuga, S. (2022). Learning English As A Foreign Language Writing Skills In Collaborative Settings: A Cognitive Load Perspective. Frontiers in Psychology, 13, 932291.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varidika, 31(1), 52-57.
Sapriyah, S. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).
Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(2), 115-128.
Setiyaningsih, L. A., & Jatmikowati, S. H. (2019). Media Baru Dalam Komodifikasi Waktu Luang Ibu Rumah Tangga. ETTISAL: Journal of Communication, 4(1), 23–32.
Suparsa, I. N., Mantra, I. B. N., & Widiastuti, I. A. M. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembelajaran BIPA.
Wati, N. M. A., Rasna, I. W., & Martha, I. N. (2020). Penerapan model pembelajaran pailkem untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(1), 13-25.
Zainab, Jaya, G.B.,Artini. L.P. (2001). Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing. International Journal of Elementary Education, 1 (2), 60-68.
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.22328
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.22328.g12772
Refbacks
- There are currently no refbacks.