THE ROLE OF ISLAMIC EDUCATION IN FORMING THE CHARACTER OF THE YOUNGER GENERATION

Rini Widya Ningsih, Azmaliah Azmaliah

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter generasi muda melalui integrasi nilai-nilai akidah, syariah, dan akhlak. Pendidikan Islam berfungsi tidak hanya sebagai sarana transfer pengetahuan, tetapi juga sebagai media pembentukan kepribadian yang berlandaskan akhlak mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur dan studi kasus untuk memahami pengaruh pendidikan Islam terhadap karakter moral, spiritual, dan sosial generasi muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam efektif dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, empati, dan toleransi. Nilai-nilai ini membekali generasi muda dengan ketangguhan moral untuk menghadapi tantangan globalisasi. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman nilai-nilai Islam, pengaruh negatif lingkungan sosial, serta minimnya kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi hambatan utama. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan terintegrasi dari berbagai pihak untuk memperkuat efektivitas pendidikan Islam dalam pembentukan karakter generasi muda. Temuan ini memberikan wawasan strategis untuk menciptakan generasi yang berkarakter, berakhlak mulia, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, J., Putri, A., & Hasibuan, S. E. (2024). Penananam Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era Milenial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 92–105.

Aziz, H. A., Shajaratuddar, & Handrianto, B. (2023). Pendidikan karakter dalam Islam: Solusi untuk dekadensi moral generasi muda. Journal of Management in Islamic Education, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i1.9385

Hasto, M. S. P. (2024). NILAI AKIDAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENCETAK GENERASI YANG BERAKHLAK. Buletin Al Anwar. https://buletin-alanwar.ppanwarulhuda.com/pendidikan/nilai-akidah-dalam-pembentukan-karakter-sebagai-upaya-mencetak-generasi-yang-berakhlak/3025/?utm_source=chatgpt.com

Jaelani, J. (2022). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(5), 866–876. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i5.596

Mappasiara. (2018). PENDIDIKAN ISLAM (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya). Inspiratif Pendidikan, 7(1), 147–160. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4940

Perangin-angin, S. L., & Daulay, Z. R. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 1469–1474. http://repository.uinsby.ac.id/1705/1/Mihmidaty Ya%27cub_jurnal_Peran pendidikan Islam dalam menghadapi ujian Covid 19.pdf

Rusiani, I., Jannah, R., & Rahayu, S. P. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 462–480.

Sunnatulloh. (2022). Definisi Syariah dalam Islam. Bincang Syariah. https://bincangsyariah.com/hukum-islam/definisi-syariah-dalam-islam/?utm_source=chatgpt.com

Ubabuddin. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 454–460. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3428

Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. An Nida, 1(1), 1–8. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/AND/article/view/74/70

Salsabila, S., & Setiawan, H. R. (2025). Efforts to increase students' interest in learning fiqh through learning media at MTs Muhammadiyah 13 Medan. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 21–30.

Alfisyah, N., Harfiani, R., & Setiawan, H. R. (2024). The principal's role in implementing religious moderation values in junior high school of Tanjung Beringin district. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 14(2), 107–120.

Setiawan, H. R. (2024). Strategi pembelajaran langsung (Upaya peningkatan motivasi & hasil belajar siswa). UMSU Press.

Setiawan, H. R. (2024). Management of the use of audio-visual media based on Canva application in Islamic religious education subjects at junior high schools in Hamparan Perak district. Integrasi: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 2(3), 259–270.

Hasibuan, J. A. P., & Setiawan, H. R. (2024). Implementasi metode Al-Masniari pada program menghafal Al-Qur’an di SMP Shafiyyatul Amaliyyah. Integrasi: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 2(3), 204–213.

Harfiani, R., Riza, F., & Setiawan, H. R. (2024). Penggunaan alat musik tradisional Gordang Sambilan berbasis virtual reality di YPI. Ar-Rasyid, Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 197-209.

Fitri, N. N., & Setiawan, H. R. (2024). Analisis program tahfidz Qur'an dengan metode tawazun dalam peningkatan kualitas hafalan siswa di boarding school SMA Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 711-721.

Setiawan, H. R. (2024). Innovative teaching strategies by teachers in Islamic religious education using animation media at Bumrungsuksa Islamic Boarding School, Thailand. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 825-835.




DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.22485

DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.22485.g12798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.