KONTRIBUSI KH. AHMAD DAHLAN DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Benny Fernanda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kontribusi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan terhadap pembaruan pendidikan Islam di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih pemikiran yang dapat mengatasi berbagai permasalahan pendidikan Islam dan dapat diterima oleh semua kalangan, terutama dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan literatur lain yang relevan dengan topik penelitian. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai fakta-fakta yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam bidang pendidikan memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia, karena mampu mengintegrasikan pendidikan umum dan pendidikan agama. Selain itu, dampak tersebut juga dirasakan oleh peserta didik, yang tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga dapat mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Arief Rahman. (n.d.). Studi Komparatif Pendidikan Integratif Agama Islam Di Indonesia Menurut Persepsi K.H. Imam Zarkasyi Dan K.H. Ahmad Dahlan.

Arlini, I. (2021). PEMIKIRAN K . H . AHMAD DAHLAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM ( Studi Penelitian Kepustakaan ). 14(2), 41–70.

Asman, Wantini, & Betty Mauli Rosa Bustam. (2021). Filosofi Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dan Implikasinya pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 262–281. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6119

Asrori Muhtarom. (2016). Pemikiran Pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan. 1–23.

Awaluddin, A., & Saputro, A. D. (2020). Rekontruksi Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dalam Pendidikan Islam Berkemajuan. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 182–204. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.3360

Dahlan, M. (2014). K.H. Ahmad Dahlan Sebagai Tokoh Pembaharu. Jurnal Adabiyah, 14(2), 122–131. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/368

Diyah Mayarisa. (2016). Konsep Integrasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan. Fitra 2, no. 1, 1–8.

Joni Helandri Zainal Azman. (2022). Pemikiran/Pembaharuan Islam KH. Ahmad Dahlan. El-Ghiroh 20, no. 2, 181–202.

Leyan Mustapa. (2017). Pembaharuan Pendidikan Islam: Studi Atas Teologi Sosial Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan. Al-Jauhari 2, no. 1, 1–14.

Rima Marliza&Hudaidah. (2021). Dampak Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Padabidang Pendidikan Islam. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 38–45. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1133

Tri Setiyarini. (2018). Pandangan K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pembelajaran KreatifProduktif. Photosynthetica.




DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.22816

DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.22816.g13127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.