PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Debi Rezi Munthe, Leni Kesumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan menggunakan model PJBL, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kreativitas Torrance dan angket respon siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa yang diajarkan dengan model PJBL memiliki nilai kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model PJBL efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kesimpulannya, penerapan model PJBL dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran agama.

Full Text:

PDF

References


Agusdianita, N. (2023). Model pembelajaran PJBL untuk meningkatkan Hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan pengembangan pembelajaran Tematik. Seminar Nasional Inovasi pendidikan , (pp. 160-161).

Asidiqi, D. F. (2024). Model project based learning (pjbl) dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Dasar setia Budhi.

Ernawati. (2022). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Inovatif project based Learning (PJBL). SHEs, (pp. 1230-1236).

Fadli, M. R. (2021). memahami desain metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Humanika kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum.

Heriyanto, Z. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menengah pertama. Journal Unnes.

Irfan Rizkiana raja Nugraha, U. S. (2023). Efektivitas strategi pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Penelitian dan pendidikan IPS ( JPPI ), 39-47.

Ivi Yusikah, T. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa. Diadik Jurnal Ilmiah tekhnologi Pendidikan.

Izawati, R. (2021). Implementation Of Scientific based Learning Models In Science Subjects. SHEs, (pp. 1335-1340).

Jaja Sudarjat, P. A. (2022). Model Pembelajaran berbasis proyek (project based learning ). jurnal lmiah Lintas Kajian.

Muhammad Rafik, A. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap kreativitas siswa guna mendukung pembelajaran Abad 21. Jurnal pembelajaran Inovatif, 80-85.

Nisya fajri, B. S. (2024). Model pembelajaran project based learning (PJBL) pada kurikulum merdeka belajar terhadap kemampuan literasi dan numerasi. Jurnal Kependidikan Media.

Nur Rahmah Wardani, J. I. (2021). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan model pembelajaran JUCAMA. Jurnal Analisa, 87-98.

nurul amelia, N. A. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning ) dan penerapannya pada anak usia dini di TKIT Al Farabi. Buhuts Al Athfal Jurnal Pendidikan dan anak usia dini, 40-58.

Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan metode Pembelajaran Project Based Learning untuk Membantu Siswa dalam berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 82-91.

Shinta Puspita Sari, U. M. (2019). Penerapan Model Project based learning (PJBL) untuk meningkatkan kemmapuan berpikir kreativf peserta didik. JP2EA ( juenal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi).

Sulistiyani, B. D. (2020). Penerapan model pembelajaran project based learning ., (pp. 422-428).

Susilawati, E. (2021). Project Based learning (PJBL) Learning model during the covid 19 pandemic., (pp. 1389-1394).




DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23558

DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23558.g13474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.