DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA TO INTEGRATE SCIENCE CONCEPTS AND ISLAMIC VALUES IN SECONDARY SCHOOL EDUCATION
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M., Minarno, E., & Suyono, S. (2020). Kunci tadabbbur dan integrasi al-qur’an dalam pembelajaran biologi. Bioeduca Journal of Biology Education, 2(2), 35. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6319
Arwin. J.R. (2016). Khazanah Astronomi Islam Abad Pertengahan. UMP Press.
Billah, A. (2023). Konsep tujuan pendidikan islam pada anak usia dini berbasis pendekatan holistik integratif. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7601-7610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4244
Chanifudin, C. and Nuriyati, T. (2020). Integrasi sains dan islam dalam pembelajaran. Asatiza Jurnal Pendidikan, 1(2), 212-229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77
Chasanah, I. (2023). Integrasi teori al-jabiri dan sains: analisis model pembelajaran ipa materi perkembangbiakan tumbuhan. Jurnal Tadris Ipa Indonesia, 3(3), 336-347. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2567
Fibriani, I., Suryani, V., Meithasari, Y., & Hidayatullah, A. (2020). Paradigma kesatuan ilmu sebagai basis pendidikan karakter. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 15(2), 10-18. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1692
Hafiz, M. (2022). Implikasi integrasi ilmu sains dan agama pada perkembangan akhlak peserta didik. Journal of Social Research, 1(7), 617-625. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.125
Harahap, E. (2023). Menggali prinsip-prinsip dan model pembelajaran pendidikan agama islam yang transformatif: membangun kesadaran spiritual dan kemandirian berpikir. Al-Murabbi, 1(1), 113-127. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.427
Hidayat, M. (2019). The Development of Learning Media Based on Problem by Using" Rubu'Al-Mujayyab" Media. Education Quarterly Reviews. Vol. 2, No. 1
Ishak, S. (2015). Metode pembelajaran sains dalam perspektif pendidikan islam. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 15(1), 143. https://doi.org/10.22373/jiif.v15i1.563
Jamil, S. (2023). Analisis relevansi pendidikan nasional dan pendidikan islam. wistara, 4(2), 111-120. https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.10720
Juhana, H., Natsir, N., & Haryanti, E. (2022). Integrasi ilmu m. amin abdullah dan kuntowijoyo. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 192-200. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.397
Kharismatunisa, I. and Darwis, M. (2021). Nahdlatul ulama dan perannya dalam menyebarkan nilai-nilai pendidikan aswaja an-nahdliyah pada masyarakat plural. Tarbiyatuna Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 141. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1094
Lasut, S., Hardori, J., Sugiono, S., Gratia, Y., & Eldad, C. (2021). Membingkai kemajemukan melalui pendidikan agama kristen di indonesia. Fidei Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), 206-225. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.273
Mansir, F. (2024). Model pembelajaran abad 21 dalam perspektif pendidikan islam. CENDEKIA, 1(4), 132-146. https://doi.org/10.62335/f971q556
Marwiji, M. (2024). Integrasi kurikulum pondok pesantren dan madrasah aliyah pada mata pelajaran rumpun pendidikan agama islam di alwasilah lilhasanah islamic boarding school. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2528-2535. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4100
Muaz, M., Alawi, D., Ruswandi, U., & Arifin, B. (2023). Urgensi pendidikan agama islam dalam sistem pendidikan nasional. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 574-582. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1474
Murtadlo, G. (2023). Integrasi pembelajaran al-qur’an hadits dalam konteks sains dan ilmu sosial. PANDU, 1(1), 35-43. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i1.73
Mustafida, F. (2020). Integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama islam (pai). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 173-185. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191
Olfah, H. (2024). Pendekatan interdisipliner dalam pemikiran pendidikan islam: memperkuat keterpaduan kurikulum dan metode pembelajaran. Sentri Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2507-2517. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2813
Purwanti, E. (2021). Implementation of environmental education value in islamic education (analysis of tafsir al qur'an surah al-a’raf ayat 56-58). Lisyabab Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2(2), 161-172. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v2i2.87
Ramadhani, A., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya implementasi integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. Instructional Development Journal, 3(3), 188. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11727
Ulfah, M. (2019). Pendekatan holistik integratif berbasis penguatan keluarga pada pendidikan anak usia dini full day. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255
Widyastono, H. (2012). Muatan pendidikan holistik dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 467-476. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.102
Yazid, A. (2021) Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam menggunakan model pengmbangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika. Vol 2. No 2
Zaprulkhan, Z. (2017). Membangun relasi agama dan ilmu pengetahuan. Kalam, 7(2), 259. https://doi.org/10.24042/klm.v7i2.465
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23589
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23589.g12939
Refbacks
- There are currently no refbacks.