PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH SISWA
Abstract
Pembelajaran fiqih dilaksanakan pada institusi pendidikan demi untuk membentuk siswa yang unggul serta bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-harinya. Adapun persoalan yang kerap kali terjadi berkaitan dengan penerapan metode pembelajaran yang tidak cocok ketika pembelajaran berlangsung. Alhasil dibutuhkan metode yang tidak akan menyebabkan kebosanan saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun yang merupakan metode yang berpusat kepada siswa ialah Project based learning. Tujuan penelitian yang dilakukan yakni sebagai peningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih materi “Menghadirkan shalat dan zikir dalam kehidupan” melalui penerapan metode pembelajaran Project based learning (PjBL). Setelah diterapkannya metode Project based learning ini dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Data dijabarkan secara deskriptif serta dinyatakan dengan format tabel. Hasil dari penelitian menyatakan: (1) Guru Fiqih menyiapkan silabus serta modul ajar terlebih dahulu sebelum perencanaan penerapan metode project based learning ini. (2) Minat belajar siswa meningkat dengan diterapkannya metode project based learning ini, perihal ini dibuktikan dengan sebelum diterapkannya metode project based learning ini nilai rata-rata kelas VII A 77,4 kemudian sesudah diterapkannya metode project based learning ini oleh guru Fiqih nilai siswa VII A menjadi 85,5.
Full Text:
PDFReferences
Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Projectbased Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398-408.
Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381–389. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i 2.65
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i 1.39
Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i 2.92
Paul, I., Wariani, T., & Boelan, E. G. (2022). Hubungan Antara Minat Dan Hasil Belajar Pada Penerapan Media Buku Saku Materi Stoikiometri. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 440–445. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i 2.47
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97.
Rahman, M. S., & Kairupan, E. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadis. Jurnal Ilmiah Iqra, 12(2), 15-40.
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i 1.111
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481
Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 251–262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i 1.35
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23608
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23608.g12952
Refbacks
- There are currently no refbacks.