IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kemajuan zaman yang mengubah cara hidup dan interaksi manusia, dengan bantuan teknologi saat ini mempermudah kalangan remaja untuk melanggar norma-norma masyarakat dan agama. Oleh karena itu para remaja perlu membentengi dirinya dengan berbagai karakter yang mulia. Perlu bagi guru untuk mempelajari dan mengaplikasikan nikai-nilai religius untuk menjadikan pribadi yang berahklak mulia tak terkecuali dalam pembelajaran matematika.
Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi karakter religius dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai karakter religius yang diimplementasikan adalah nilai Illahiyyah yang berhubungan dengan ketuhanan dan nilai Insaniyyah yang berhubungan dengan sesama manusia, (2) Langkah-langkah yang digunakan dalam implementasi karakter religius dalam pembelajaran matematika memiliki tiga tahap yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap implementasi nilai, (3) Metode yang digunakan dalam implementasi karakter religius dalam pembelajaran matematika yaitu metode langsung dan tidak langsung; melalui mata pelajaran tersendiri dan terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran; melalui kegiatan-kegiatan di luar mata pelajaran yaitu melalui pembiasaan-pembiasaan atau pengembangan diri; melalui metode keteladanan (uswah hasanah); melalui nasihat-nasihat dan memberi perhatian; serta metode reward dan punishment.Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid, Pendidikan Karakter Persfektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), Hlm. 11
Ali Sunarso, Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Pendidikan agama Islam (PAI) dan Budaya, Kreatif Jurnal Kependidikan Dasar, Volume 10 Nomor 2, Tahun 2020, Halaman 159. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif 7 Mei 2020
Fatchul Mu’in, Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011). hlm 287.
F Haryati, EM Panggabean, S Wahyuni, 2021: Pengaruh Soft Skill Mahasiswa Terhadap Kecemasan Matematis Mahasiswa FKIP UMSU ,AKSIOMA, Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10 (4), 2791-2800,
Hamzah Ya’qub, Etika Islam: Pembinaan Akhlaqul Karimah, (Bandung: CV Diponegoro, 2008). Cet IV, hlm 11
https://harie.id/2024/01/27/kenakalan-remaja-di-kota-medan-mengurai-kompleksitas-mencari-solusi-bersama/
https://analisadaily.com/berita/baca/2024/10/25/1056771/deklarasi-pelajar-merah-putih-di-medan-langkah-nyata-cegah-kenakalan-remaja/
Isrok’atun, Amelia R., Model-Model Pembelajaran Matematka, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018) hlm. 3
Khamim Zarkasih Putro, “Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja”, APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Volume 17, Nomor 1, 2017, hlm. 25 diakses dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/viewFile/1362/1180 diakses pada 15 Mei 2020
Khoiron Rosyadi, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), hlm. 301
Mansur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011) hlm. 35
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: AMZAH, 2015) Hlm. 112
Mohammad Mustari, Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Press, 2014) hlm.1
Miftahul Jannah, “Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam”, Jurnal Psikoislamedia, Volume 1, Nomor 1, April 2016. Hlm. 244. Diakses dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/download/1493/1091 pada 15 Mei 2020
Nur Rosyid, dkk., Pendidikan Karakter Wacana dan Kepengaturan, (Purwokerto: OBSESI Press, 2013) hlm. 181
Rahmat Djatnika, Sistem Etika Islami (Akhlak Mulia). (Jakarta: Pustaka Panjimas, 2006), hlm. 27
Sugiyono,Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kalitatif dan R&D, (Bandung: Alfabet, 2015), hlm. 338.
TH Harahap, MD Nasution, 2021, Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp), Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 2 (1), 8-12
Tobroni. 2020. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (http://Tobroni.staff.umm.ac.id. Diakses 06 Mei 2020)
Yessy Nur Endah Sary, Buku Ajar Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Parama Publishing, 20015) hlm. 17
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23688
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23688.g13004
Refbacks
- There are currently no refbacks.