PEMANFAATAN MEDIA TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Muhammad Rido

Abstract


Pengembangan media sosialItiktok ini selaras dengan eraIdigital saat ini. Hal ini memunculkan media sosial yang dapat menjadi media pembelajaran karena media sosial sangat menarik perhatian dan dekat dengan generasi milenialIyang memang lekat pada dunia digital. Salah satu media sosial saat yang saat ini di gemari yaitu aplikasi tiktok. Tiktok dapat menjadi media pemblajaran yang menarik dan menyenangkan.iPenggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran di harapkan membantu peserta didik maupun pendidik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menunjukkanibahwa media sosial tiktok dapat menjadi media pembelajaran alternatif dan interaktif dalam pembelajaran pai.iMetode yang di gunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan studi kepustakaan dengan menganalisisis beberapa artikel yang relepan dengan pengembangan tiktok sebagai mediaipembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial tiktok sebgai media pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas dari peserta didik dalam proses pembeljaran pai. peserta didik dapat secara bebas menuangkan kreatifitasnya melaui tiktokidengan berbagai fitur yang beragam, sehingga menjadikan tiktok sebagai media pembelajaran efektif dalam menciptakan pembelajaran pai yang interaktif. Penelitian iniiberpengaruh untuk menjadikan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran yang interaktif bagi pendidik dan peserta didik dalam pemblajaran pai.

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431(2), 431–440.

Bulele, Y. N. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology. 1(1), 565–572.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social Work Journal, 10(2), 199–208.

Fitri, E., Sari, N., & Siregar, N. M. (2022). Sosialisasi Penerapan Aplikasi TikTok sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Al-Tadris, 4(2), 610–619.

Herdiati, D., Atmaji, D. D., Mas, R., Andriyanto, A., & Saputra, D. N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Musik di SMAN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan. JPPI, 4(2), 111–119.

Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1270–1281.

Kristiyanti, M. (2020). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Obsesi, 3(2), 24-38.

Mana, L. H. A. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Al-Tadris, 2(4), 418–429.

Ni’mah, U., Tjahjono, A. B., & Shidiq, G. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Ta'dib, 4(1), 326–340.

Putri, E., Syafri, E. (2020). TikTok; Media Pembelajaran Alternatif dan Atraktif pada Pelajaran PPKn Selama Pandemi di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Pendidikan Islam, 2(1), 110–115.

Putri, S. N. (2022). Tiktok (Alternatif Media Pembelajaran Bahasa di Kalangan Mahasiswa). Al-Lubab, 5(2), 203–208.

Ramdani, N. S., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran. JPI, 10(2), 425–436.

Setyorini, R. (2015). Pemanfaatan Internet Sebagai Implementasi ICT dan Sarana Memotivasi Belajar Sastra di Sekolah. Jurnal Bidayatuna, 2(November), 89–101.

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan komunikasi anak usia dini. JPI: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 31–37.

Waluyo, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. AlLubab, 3(1), 78-91.

Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Obsesi, 2(1), 10




DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23734

DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.23734.g13061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.