Penerapan Inovasi Teknologi Pada Bidang Pertanian Untuk Memajukan Pangan Di Indonesia

Sudarma JA

Abstract


Permasalahan utama yang dihadapi dalam pembangunan pertanian adalah rendahnya produktivitas dalam skala mikro, produksi total secara makro, dan kesejahteraan pelaku usaha pertanian itu sendiri. Dalam jangka pendek pembangunan pertanian bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan, akan tetapi dalam jangka panjang tujuan pembangunan pertanian bertujuan memberikan kesetabilan harga pelaku usaha. Secara umum arah kebijakan pertanian adalah memberikan kepastian berlangsungnya usaha baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pengkajian dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan Metoda Desk Research. Bahan literatur yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah beberapa referensi yang berasal dari hasil penelitian, kajian, dan ulasan dari beberapa tulisan yang kemudian dirangkum menjadi suatu karya tulisan ilmiah. Bahwa Jenis inovasi teknologi pertanian yang berkembang atau diterapkan oleh petani bergantung pada kondisi agrosistem wilayah  setempat.  Terdapat  hubungan  antara  penerapan  atau  adopsi  inovasi  teknologi  pertanian dengan  tingkat  ketahanan  rumah  tangga  petani.  Petani  yang  lebih  intensif  menerapkan  inovasi  teknologi berbasis  sistem  usaha  pertanian  inovatif  memiliki  tingkat  ketahanan  pangan  yang  lebih  baik  dibandingkan dengan petani yang tidak menerapkan inovasi teknologi berbasis sistem usaha pertanian inovatif

Full Text:

PDF

References


Nurmala, dkk. Pengantar Ilmu Pertanian. (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012), hlm 35.

Schilling, M.A, Strategic Management of Technological Innovation Fifth Edition. (New York: Mc Graw Hill Education, 2017), hlm 78.

Praptono, B, Kajian pola bertani padi sawah di Kabupaten Pati ditinjau dari sistem pertanian berkelanjutan: (Studi Kasus di Kecamatan Pati). Tesis Program Magister Ilmu Lingkungan, Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang Tahun 2010.

Ismail Koto, “Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Terorisme”, Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2.1, (2021): 1052-1059.

Ida Hanifah, Ismail Koto, “Problema Hukum Seputar Tunjangan Hari Raya Di Masa Pandemi COVID-19”, Jurnal Yuridis 8.1, (2021): 23-42.

Setiawan, I, Dinamika pemberdayaan petani: sebuah refleksi dan generalisasi kasus di Jawa Barat. (Bandung: Widya Padjadjaran, 2012), hlm 65.

Sulisworo, D, Mendorong inovasi dalam bidang iptek guna meningkatkan daya saing bangsa dalam rangka ketahanan nasional. (Jakarta: Kertas Karya Perorangan Lembaga Ketahanan Nasional, 2010), hlm. 76.

Indraningsih, dkk, Kajian kebijakan dan implementasi diseminasi inovasi pertanian. Laporan Akhir. Bogor (ID): Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Tahun 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.