Pengaruh Program Kabar Pandemi Corona tvOne Terhadap Peningkatan Literasi Media Masyarakat Kota Medan di Era Digital

Nofri Affandi, Rahmanita Ginting, Arifin Saleh

Sari


Saat ini di tengah pandemi COVID-19, informasi hoaks kerap kali menjadi konsumsi publik, sehingga kesalahan informasi dan fitnah terus berkembang, dan menyebabkan banyaknya konspirasi yang tersebar di masyarakat, terutama di media sosial dan bahkan dipercaya oleh khalayak ramai. Salah satu stasiun televisi yang menayangkan program khusus COVID-19 yaitu tvOne Kabar Pandemi Corona yang tayang setiap hari mulai 15.30 hingga 16.00 WIB. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan variabel (x) program kabar pandemi corona tvOne dan variabel (y) literasi media masyarakat kota Medan, dengan metode survey dan berlandaskan teori uses and effect dan literasi media. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang masyarakat yang tinggal di 3 kecamatan dengan kasus konfirmasi COVID-19 terbanyak di kota Medan. Uji hipotesis menggunakan uji validitas, reliabilitas, linearitas, normalitas, regresi linear sederhadana, uji korelasi product momen pearson, uji t dan uji koefisien determinansi. Hasilnya adalah program kabar pandemi corona tvOne secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan literasi media masyarakat kota Medan di era digital, dengan nilai Signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,433 > ttabel 1,660, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji koefisien determinasi, variabel X berpengaruh sebesar 36,1 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata Kunci


Program kabar pandemi corona tvOne; Literasi media; Era Digital

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Badan Pusat Statistik Kota Medan. (2021). Jumlah Penduduk Kota

Medan.

Ginting, R. (2020). Kemampuan Literasi Media pada Era Informasi

Digital di Kalangan Mahasiswa Kota Medan. Talenta Conference

Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1).

https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.816

___________ & Pratiwi, S. (2017). Analisis Literasi Media Televisi

dalam Keluarga. 5(2), 109122.

___________. (2015). Peran Literasi Media dalam Era Komunitas

ASEAN. In Dinamika Media pada Masyarakat Kontemporer

Indonesia. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Press.

Hidayat, F. P., & Ginting, R. (2020). Media Literacy of Communication

Students in Using Facebook. Ettisal: Journal of Communication,

(1). https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.3947

Iriantara, Yosal. (2017). Literasi Media Apa, Mengapa, Bagaimana.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kecamatan dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2017-

https://Medankota.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3.

Komite Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

(2021). Data Vaksinasi COVID-19 (Update 13 Juni 2021). https://covid19.go.id/berita/data-vaksinasi-COVID-19-update-13-juni-2021.

Kompas.com. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021

Tembus 202 juta.https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna internet-indonesia-2021-tembus-202-juta.

Media Indonesia. (2020). Usia di Atas 35 Tahun Lebih Rentan Terpapar

Hoaks. https://mediaindonesia.com/humaniora/345927/usia-di-

atas-35-tahun-lebih- rentan-terpapar-hoaks.

Nurudin. (2017). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Pemerintah Kota Medan Tim Gugus Tugas-Percepatan Penanganan

Covid-19. 2021. Data Per-Kecamatan Terkait Covid-19 Kota Medan. https://covid19.pemkoMedan.go.id/

Safitra, A. (2018). Efektivitas Literasi Media Dalam Meningkatkan

Minat Baca Melalui Kelompok Gerakan Langkat Pintar. Jurnal

Interaksi, 2(2). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/2095/pdf_29

Senova, Annisa. (2016). Literasi Media Sebagai Strategi Komunikasi

Tim Sukses Relawan Pemenangan Pemilihan Presiden

Jokowi Jk Di Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi. 4(2). 142

Simanjuntak, Puriska. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi

Kerja Terhadap Kinerja Inspektur Penerbangan Di Kantor

Otoritas Bandar Udara Wilayah II. Jurnal Creative Agung.

(2). 88 -101.

Sri Hesti, Said Nuwrun Thasimmim & Wandira Rimayanti. (2021). Efektivitas Iklan Traveloka Televisi Konvensional Pada Konsumen di

Era Digital. Jurnal Simbolika, 7 (1) 57-65.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Syaipudin, Latif. (2020). Peran komunikasi massa di tengah pandemi

COVID-19(Studi Kasus di Gugus Tugas Percepatan Penanganan

COVID-19 Kabupaten Tulungagung). Kalijaga Journal of

Communication. 2(1). 14-34.

Triyaningsih, Heny. (2020). Efek pemberitaan media massa terhadap

persepsi masyarakat pamekasan tentang COVID-19. Meyarsa,

(1). 1-21.




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v7i1.13147

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: