Online News Framing: Muhammadiyah's Stance On The COVID-19 Vaccine Controversy

Amin Shabana, Oktaviana Purnamasari, Astriana Baiti Sinaga, Harmonis Harmonis

Sari


Seperti terjadi di banyak negara, program vaksin COVID-19 di Indonesia  mengalami tantangan akibat beragam hoax yang menyertainya. Salah satu kontroversi di masyarakat yaitu adanya hoax kandungan vaksin yang diragukan ke-halalannya. Menghadapi situasi ini, Pemerintah mengajak Muhammadiyah  sebagai organisasi masyarakat Islam terbesar ikut mensosialisasikan penggunaan vaksin guna menekan kasus Pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui media berita online yang melakukan pembingkaian berita Persyarikatan Muhamadiyah menghadapi kontroversi vaksin COVID-19 dan menganalisis pembingkaian berita tersebut menggunakan teori Robert Entman. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif konten analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa perbedaan dan persamanan media berita online (non-Muhammadiyah dan afiliasi Muhammadiyah) dalam membingkai sikap Muhammadiyah pada aspek definisi masalah, diagnosa masalah, penilaian moral dan penyelesaian masalah terkait kontroversi vaksin COVID-19. Perbedaan yang ditemui yaitu jumlah artikel dan isi pesan yang diangkat antara media non-afiliasi Muhammadiyah dengan  media afiliasi Muhammadiyah. Persamaannya terletak pada  isi pembingkaian dimana menampilkan dukungan Muhammadiyah atas ajakan Presiden Joko Widodo dalam melawan hoax vaksin COVID-19. Sehingga hasil penelitian ini penting dalam menjawab posisi Muhammadiyah dalam menghadapi situasi penolakan program vaksin yang dijalankan pemerintah.

 


Kata Kunci


news framing; Muhammadiyah; vaksin; COVID-19

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aldo Gunawan, & Setiawan, H. (2022). Analisis Framing Zong Dang Pan dan Gerald M. Kosicki Pada Pemberitaan Pembagian Vaksin Covid-19 di DetikNews. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 134–138. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1791

Anisa Suci Rahmawati, & Ferry Darmawan. (2022). Kredibilitas Pemberitaan Distribusi Vaksin Covid-19 di Indonesia. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i2.491

Arriaga, P., Esteves, F., Pavlova, M. A., & Piçarra, N. (2021). Editorial: Coronavirus Disease (COVID-19): The Impact and Role of Mass Media During the Pandemic. In Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.729238

Boer, K. M., Pratiwi, M. R., & Muna, N. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah Terkait Covid-19 di Media Online. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 85–104. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8277

Cacciatore, M. A., Scheufele, D. A., & Iyengar, S. (2016). The End of Framing as we Know it … and the Future of Media Effects. Mass Communication and Society, 19(1), 7–23. https://doi.org/10.1080/15205436.2015.1068811

Cangara, H. (2016). Pengantar ilmu komunikasi (Edisi kedu). RajaGrafindo Persada.

Coe, A. B., Elliott, M. H., Gatewood, S. B. S., Goode, J. V. R., & Moczygemba, L. R. (2022). Perceptions and predictors of intention to receive the COVID-19 vaccine. Research in Social and Administrative Pharmacy. https://doi.org/10.1016/j.sapharm.2021.04.023

Dewi, R. D. C. (2021). Literatur Review: Dinamika Komunikasi Kesehatan Di Masa Pandemi Dan Pasca Vaksin Covid-19. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 206–213. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/4220

Entman, R. M. (1993). Framing: Toward Clarification of a Fractured Paradigm. Journal of Communication, 43(4), 51–58. https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.1993.tb01304.x

Fundrika, B. A. (2020). Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Akan Dibagi Dua Gelombang, Begini Urutannya. Suara.Com. https://www.suara.com/health/2020/12/30/111017/vaksinasi-covid-19-di-indonesia-akan-dibagi-dua-gelombang-begini-urutannya

Gumgum, G., Justito, A., & Nunik, M. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa Sma. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40. https://doi.org/1410 - 5675

Indrawan, R. M. J. (2017). Dampak Komunikasi Politik Dan Opini Publik Terhadap Perilaku Masyarakat. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 171. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.14

Machida, M., Nakamura, I., Kojima, T., Saito, R., Nakaya, T., Hanibuchi, T., Takamiya, T., Odagiri, Y., Fukushima, N., Kikuchi, H., Amagasa, S., Watanabe, H., & Inoue, S. (2021). Acceptance of a covid-19 vaccine in japan during the covid-19 pandemic. Vaccines. https://doi.org/10.3390/vaccines9030210

Matrajt, L., Eaton, J., Leung, T., Dimitrov, D., Schiffer, J. T., Swan, D. A., & Janes, H. (2021). Optimizing vaccine allocation for COVID-19 vaccines shows the potential role of single-dose vaccination. Nature Communications. https://doi.org/10.1038/s41467-021-23761-1

McQuail, D. (2011). McQuail’s Mass Communication Theory (6th ed.). SAGE.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya.

Nadzir, I., Seftiani, S., &, & Permana, Y. S. (2019). Hoax and Misinformation in Indonesia: Insights from a Nationwide Survey. Perspective, 5(2), 1–12. https://www.researchgate.net/publication/339375879%0AHoax

Rahayu, R. N. (2021). Vaksin Covid 19 Di Indonesia : Analisis Berita Hoax. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Vaksin, 02 no. 07(07), 39–49.

Sallam, M. (2021). Covid-19 vaccine hesitancy worldwide: A concise systematic review of vaccine acceptance rates. In Vaccines. https://doi.org/10.3390/vaccines9020160

Sangaji, R., Basri, H., Wandi, W., Sultan, M., & Rasyid, N. (2021). The News of the Covid-19 Vaccine in the Media and Public Resistance in Indonesia: A Study of Islamic Law. Samarah. https://doi.org/10.22373/sjhk.v5i2.10892

Sejarah Singkat Muhammadiyah. (2010). Muhammadiyah.or.Id. https://muhammadiyah.or.id/sejarah-singkat-muhammadiyah/

Setiawan, H., & Nulhakim, L. (2019). Analisis Framing Zong Dang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Pemberitaan Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Habib Bahar Bin Smith kepada Presiden Joko Widodo (Studi Kasus pada Kompas.com Edisi 3 Desember 2018). Jurnal Artikula, 2(1), 48–53. https://doi.org/10.30653/006.201921.19

Sholikin, A. (2020). Cyberspace : Ruang Publik Baru bagi Aktivitas Politik Muhammadiyah. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(2), 156. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i2.1585

Soares, F., & Recuero, R. (2021). How the Mainstream Media Help to Spread Disinformation about Covid-19. M/C Journal. https://doi.org/10.5204/mcj.2735

Soares, P., Rocha, J. V., Moniz, M., Gama, A., Laires, P. A., Pedro, A. R., Dias, S., Leite, A., & Nunes, C. (2021). Factors associated with COVID-19 vaccine hesitancy. Vaccines. https://doi.org/10.3390/vaccines9030300

Suri, I., Hidayat, N., & Halim, U. (2021). Komunikasi kesehatan di era digital: strategi pemerintah dalam sosialisasi program vaksin Covid-19. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(4), 850–858. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/4627

Ullah, I., Khan, K. S., Tahir, M. J., Ahmed, A., & Harapan, H. (2021). Myths and conspiracy theories on vaccines and COVID-19: Potential effect on global vaccine refusals. In Vacunas. https://doi.org/10.1016/j.vacun.2021.01.001




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.13744

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: