Strategi Cyber Public Relations KPw Bank Indonesia Provinsi NTT Dalam Mensosialisasikan Tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah

Joan Imanuel Edon, Lukas Lebi Daga, Veki Edizon Tuhana

Sari


Strategi cyber public relations menjadi bagian dari tuntutan praktisi PR menyesuaikan diri dengan perkembangan digitalisasi dan memanfaatkan new media. Dalam mensosialisasikan tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah KPw Bank Indonesia Provinsi NTT memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi cyber public relations KPw Bank Indonesia Provinsi NTT dalam mensosialisasikan tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah melalui 4 tahapan strategi public relations menurut Cutlip dan Center yakni dari tahap penemuan masalah (defining public relations problems), tahap perencanaan dan pemograman (planning and programming), tahap pelaksanaan program dan pengkomunikasian (action and communicating) hingga tahap evalusasi (evaluating), kemudian tujuan lainnya untuk mengetahui motif penggunaan strategi tersebut dan  ditemukan ada 3 motif utama yakni membuat konten sosialisasi secara berkelanjutan, menjangkau lebih banyak masyarakat dan menyesuaikan diri dengan digitalisasi. Penelitian ini menggunakan analisis media siber pada akun Instagram @bank_indonesia_ntt yang terdiri dari ruang media, dokumen media, objek media, serta yang terakhir pengalaman.


Kata Kunci


Strategi Cyber Public Relations, Instagram, Analisis Media Siber, Cinta Bangga dan Paham Rupiah

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Argarini, F. and Andamisari, D. (2022) ‘Strategi Cyber Public Relations PT Gojek Indonesia’, Jurnal Nahardika Adiwidia, 01 No.1, pp. 111–118.

Bere, S.M. (2020) ‘BI Musnahkan Uang Lusuh Rp 2,7 Triliun di NTT’, Kompas.com. Available at: https://regional.kompas.com/read/2020/01/12/10241091/bi-musnahkan-uang-lusuh-rp-27-triliun-di-ntt.

Cutlip, S.M., Center, A.H. and Broom, G.M. (2009) Effective Public Relations Edisi Kesembilan Cet. Ke-3. Penerjemah:Tri Wibowo. Jakarta: Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ghony, M.D. and Almanshur, F. (2012) Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-ruzz Media.

Haryanto, A.T. (2021) ‘Pengguna Internet Indonesia Tembus 202,6 Juta’, DetikInet. Available at: https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407210/pengguna-internet-indonesia-tembus-2026-juta.

Hidayat, D. (2014) Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Media Kerja PR Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kaha, K. (2020) ‘BI: Peredaran Uang Palsu di NTT Naik 14 Persen Sepanjang 2020’, AntaraNews. Available at: https://www.antaranews.com/berita/1921544/bi-peredaran-uang-palsu-di-ntt-naik-14-persen-sepanjang-2020.

El Madja, N.M. (2021) ‘New Media and Social Construction of Technology ( SCOT ) on Cak Ed Online Delivery Service in Lamongan Regency’, Jurnal Dakwah dan Sosial, 4(01), pp. 79–95. Available at: https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.819.

Meranti and Irwansyah (2018) ‘Kajian Humas Digital: Transformasi dan Kontribusi Industri 4.0 pada Stratejik Kehumasan’, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(1), pp. 27–36.

Nasrullah, R. (2015) Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2018) Etnografi Virtual Riset




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i1.14718

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: