Pengaruh Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee

Dzakwan Amar Zuhdi, Wichitra Yasya, Dwinarko Dwinarko

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kepercayaan dan Pengalaman pembelian online terhadap minat beli konsumen di e-commerce Shopee baik secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Survei Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden untuk memperoleh data primer dan studi pustaka menggunakan buku dan jurnal sebagai data sekunder. Responden dipilih menggunakan purposive sampling dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah pengguna/konsumen aplikasi atau website Shopee dan tinggal di Jabodetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh variabel Kepercayaan terhadap Minat Beli di e-commerce Shopee dengan nilai t hitung 3,594 > t tabel 1,984 dan terdapat Pengaruh Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli di e-commerce Shopee dengan nilai t hitung 4,997>1,984 t tabel. Secara simultan terdapat pengaruh variabel Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli di e-commerce Shopee dengan nilai F hitung 56,226 lebih besar dari Ftabel 3,09. Hasil uji regresi linier berganda antara Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli menunjukkan hasil bahwa pengaruh Kepercayaan (X1) dan Pengalaman Pembelian Online (X2) terhadap Minat Beli (Y) koefisien (R) sebesar 0,733, artinya memiliki nilai tingkat hubungan koefisien korelasi yang kuat. koefisien determinasinya R Square (R2) sebesar 0,537. Artinya 53,7% adalah pengaruh variabel Kepercayaan (X1) dan Pengalaman Pembelian Online (X2) terhadap Minat Beli (Y), sedangkan sisanya sebesar 46,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.


Kata Kunci


Kepercayaan, Pengalaman Pembelian Online, Minat Beli, E-Commerce

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A. Buku

Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Barnes, J. G. (2003). Secret of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi

Basu Swastha, Handoko, T. Hani. (2015). Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen. BPFE: Yogyakarta.

Effendi, Sofian. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro: Semarang.

Jogiyanto. (2015). Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kotler, P. & K. (2008). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

----------. (2016). Principles of Marketing (Ed.16) London: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2013). Manajemen Pemasaran (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

----------. (2016). Marketing Management (Ed. 15). United Kingdom: Pearson Education.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis

Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

----------. (2012). Public Relation & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

----------. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Malhotra, Naresh K. (2020). Marketing Research: An Applied Orientation (Ed.7). London: Pearson Education.

Moriarty, S. Mitchell, N., & Well, W. (2011). Advertising (Ed. 8). Jakarta: Kencana.

Priyatno, Dwi. (2009). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

----------. (2012). Cara kilat belajar analisis data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

----------. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Sangadji, Etta Mamang; Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.

Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. (2008). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sofyan Siregar. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D (Ed. 6). Bandung:

CV Alfabeta.

------------. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

------------. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

------------. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.

B. Jurnal

Ahmad Fijay, T. (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online dan Pengalaman

Pembelian terhadap Minat Beli Ulang Secara Online E- Commerce Lazada

Dabrynin, H., & jing zhang, J. (2019). The Investigation of the Online Customer Experience and Perceived Risk on Purchase Intention in China. Journal Of Maketing development and Competitiveness. Vol. 13. No. 2., 16-29

Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention. International Business Research, 3(3), 63. https://doi.org/10.5539/ibr.v3n3p63

Rizkiawan. (2020). Sosial Ekonomi dan Bisnis Halaman 66 Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online di Kalangan Masyarakat Sanggata (Studi Kasus Pada E-Commerce Shoppe) Jurnal Manajemen Tools, 16(1), 1–10.

Rose, S., Clark M., Samouel, P., and Hair, N. (2012). Online customer experience in e-retailing: an empirical model of antecedent and outcomes. Journal of Retailing, 88 (2): 308-322.

Sheppard, B. H., Hartwick, J., & Warshaw, P. R. (1988). The Theory of Reasoned Action: A Meta-Analysis of Past Research with Recommendations for Modifications and Future Research. Journal of Consumer Research, 15(3), 325–343. http://www.jstor.org/stable/2489467

Sophia, N. H. (2014). Pengaruh Perkembangan Bisnis E Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Terhadap Kebutuhan Jasa Audit E-Commerce. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sarjita. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Situs Olx. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 69 - 82, july

Zhahir, B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sepeda Motor Yamaha Nmax (Studi Kasus Pada Dealer Yamaha Bahana Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(5), 146–154.

C. Internet

Naufal, M. (2022). Data Shopee Diduga Bocor dan Diobral di Forum Hacker. https://www.viva.co.id/digital/startup/1525921-data-Shopee-diduga-bocor-dan-diobral-di-

forum-hacker?page=all. (diakses pada 30 Desember 2022)Ahdiat, A (2022). Ini Pertumbuhan Pengunjung Shopee sampai Kuartal II 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhan-pengunjung Shopee-sampai-kuartal-ii-2022. (diakses pada 30 Desember 2022)

Annur, Cindy M. (2022). Ini Situs E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Agustus 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini-situs-E-Commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022. (diakses pada 30 Desember 2022)

Dihni, Vika A. (2022). Survei: Ini Daftar E-Commerce Paling Dipercaya UMKM. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/05/survei-ini-daftar-E-Commerce-paling-dipercaya-umkm. (diakses pada 30 Desember 2022)

Annur, Cindy M. (2022). Aplikasi Belanja Online Paling Banyak Digunakan, Ini Dia Juaranya. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/18/aplikasi-belanja-Online-paling-banyak-digunakan-ini-dia-juaranya. (diakses pada 30 Desember 2022)

Kemp, Simon. (2022). DIGITAL 2022: INDONESIA. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Muqarrabin, Alex M. (2017). Teori Yang Biasa Digunakan Untuk Mengukur Perilaku Konsumen –Theory Of Reasoned Action. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2017/07/07/teori-yang-biasa-digunakan-untuk-mengukur-perilaku-konsumen-theory-of-reasoned-action/. (diakses pada 30 Desember 2022)




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.14761

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: