Dampak Viral Marketing #LifeAtShopee di Tiktok terhadap Brand Awareness dan Citra Merek Shopee

Gebi Septemberi Putri Shinta, Daru Purnomo, Sampoerno Sampoerno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Citra Merek Shopee, baik itu secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 responden dalam rangka memperoleh data primer serta studi literatur pada artikel, jurnal, hingga buku sebagai pelengkap data sekunder. Responden  ditentukan atas dasar teknik non probability purposive sampling. Subyek dari penelitian ini adalah pengguna aplikasi TikTok yang pernah berbelanja pada E-Commerce Shopee pada kelompok usia Gen Z yang berdomisili di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara langsung Viral Marketing terhadap Citra Merek Shopee. Hasil uji analisis jalur juga menunjukkan bahwa secara langsung, variabel Viral Marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Merek (Y). Besaran pengaruh langsung Viral Marketing (X1) terhadap Citra Merek (Y) adalah sebesar 0.534. Artinya, tinggi rendahnya Citra Merek hanya mampu dipengaruhi oleh Viral Marketing sebesar 53% sedangkan 47% sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitan.


Keywords


Viral Marketing, Daya Tarik Perusahaan, Citra Merek, Brand Awareness

References


[BPS] Badan Pusat Statistik. (2021). Berita resmi statistik. Bps.Go.Id, 7, 1–12. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

#lifeatshopee Hashtag Videos on TikTok. (n.d.). Retrieved September 18, 2022, from https://www.tiktok.com/tag/lifeatshopee?lang=en

Ayu, J. N. R. (2020). Efektifitas Viral Marketing Dalam Meningkatkan Niat Dan Keputusan Pembelian Konsumen Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2(1). https://doi.org/10.15642/manova.v2i1.353

Baird, L. L. (1983). The Search for Communication Skills. March.

Best, R. J. (2009). Market-based management: strategies for growing customer value and profitability (6th ed.).

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105. https://tirto.id/kelahiran-generasi- z-kematian-media-cetak-ctLa diakses pada 28 November %0A 2019 pukul 21:05 WIB.%0A

Deddy, M. (2015). Model-Model Komunikasi: Suatu Perkenalam. In ILMU KOMUNIKASI Suatu Pengantar (p. 174). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Firmansyah, M. A. (2019). Planning and Strategy Book.pdf. August, 336. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/334964919_Buku_Pemasaran_Produk_dan_Merek/links/5d47e1a04585153e593cff86/Buku-Pemasaran-Produk-dan-Merek.pdf

Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2018). (2018). on Multivariate Data Analysis Joseph F . Hair Jr . William C . Black Eight Edition. In International Journal of Multivariate Data Analysis (Vol. 1, Issue 2).

Indonesia Jadi Pasar Kedua Terbesar TikTok di Dunia pada 2020. (n.d.). Retrieved September 17, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/29/indonesia-jadi-pasar-kedua-terbesar-tiktok-di-dunia-pada-2020

Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (n.d.). ANALISIS STRATEGI MEMBANGUN BRAND AWARENESS E-COMMERCE SHOPEE DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN Machella Shevany.

Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 77–84. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/24741

Mengapa Harus Kerja di Shopee? - Karir | Shopee Indonesia. (n.d.). Retrieved July 6, 2023, from https://careers.shopee.co.id/why-shopee

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

TikTok Revenue and Usage Statistics (2022) - Business of Apps. (n.d.). Retrieved September 17, 2022, from https://www.businessofapps.com/data/tik-tok-statistics/

Woodside, Arch G., Megehee, Carol M., Ogle, A. (Ed.). (2009). Perspectives on Cross-Cultural, Ethnographic, Brand Image, Storytelling, Unconscious Needs, and Hospitality Guest Research (First Edit). Emerald Group Publishing Limited.




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i2.15647