Alternative Universe (AU) sebagai Saluran Koneksi Emosional dalam Budaya K-pop

Deviardi Panca Khairunnisa, Nurudin Nurudin

Sari


ABSTRAK

Fenomena Global Budaya K-pop telah meramabat hingga masuk kedalam Indonesia, Budaya Korea tersebut masuk pertamakali melalui K-Drama, setelah itu mulailah Industri musik korea mulai meluncur di Indonesia. Masuknya budaya Korea memberikan dampak yang tidak hanya sekedar musik dan penampilan idolanya, tetapi juga menawarkan ruang emosional yang unik bagi penggemarnya. Salah satu yang menjadi tempat untuk menyalurkan emosional adalah Alternative Universe (AU), penelitian ini menggunakan metode kalitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini tidak hanya akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika cerita fiksi AU, tetapi juga akan menunjukkan betapa pentingnya ikatan emosional, dampak global, dan tanggung jawab penulis untuk membuat karya yang bermakna bagi pembaca.

Kata kunci: Alternative Universe,  Hubungan Emosional, K-pop


Kata Kunci


Alterniative Universe

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop dalam Bermedia Sosial di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 13–23. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi%0AFANATISME

Aulia, I. M., & Sugandi, M. S. (2020). Pengelolaan Kesan Roleplsyer K-pop Melalui Media Sosial Twitter (Studi Dramaturgi pada Akun Twitter Fandom di Kota Bandung). Epigram Vol. 17 No. 1, 75-76.

Etikasari, Y. (2018). Kontrol Diri Remaja Penggemar K-pop (K-Popers). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 190-202.

Fachrosi, E., Fani, D. T., Lubis, R. F., Aritonang, N. B., Azizah, N., Saragih, D. R., & Malik, F. (2020). Dinamika Fanatisme Penggemar K-Pop pada Komunitas BTS-Army Medan. Jurnal Diversita, 6(2), 194-201.

Fakhira, A. Z., & Supriadi, Y. (2023). Pola Komunikasi Penulis dan Pembaca Cerita Fiksi dalamMemanfaatkan Media Komunikasi Platform Twitte. Bandung Conference Series: Public Relations, Vol. 3No. 2, 642 -649. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.8551

Farabi, Q. N. (2020, June). Motivasi Penggemar Kpop sebagai Citizen Author Menulis Fan Giction. Jurnal Ultimacomm, 12(1),34–52. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i1.1267

J.Jhonson, M. (2017). The Rise of Citizen Author : Writing Within Social Media. Oxford International Center for Publishing Studies.

Jin, D. Y., & Yoon, T. J. (2017). The Korean Wave: Retrospect and Prospect. International Journal of Communication, 2241–2249.

Siegar, T. A., & Arviani, H. (2023). Persepsi Remaja Terhadap Aspek Pornografi dalam Konten Alternate Universe (AU) 21+ Akun Twitter @CAXXXSA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol 10 No9, 4156-4163.

Susanti , K., & Raharja, D. M. (2017). Strategi Komunikasi pada Poster Film CIN(T)A. Jurnal Desain, Vol 04 No 02, 85-91.

Thariq, M., & Anshori, A. (2017). Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Indekos. Jurnal Interaksi | Volume: 1 | Nomor: 2, 165-166.




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i1.17640

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: