Pemanfaatan Akun TikTok @pemkabbantul dalam Penyebaran Informasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul

Humam Nurrochman, Noveri Faikar Urfan

Abstract


TikTok telah berkembang menjadi platform media sosial yang tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyebarkan informasi kepada publik. Salah satu instansi pemerintah yaitu Diskominfo Kabupaten Bantul memanfaatkan media sosial TikTok sebagai platform untuk menyebarkan informasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial TikTok yang digunakan Diskominfo kabupaten Bantul dalam menyebarkan informasi publik melalui akun TikTok @pemkabbantul. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif dengan mengunakan teori pendekatan (uses and gratifications), teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data ini mengunakan teori Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tersebut terbagi menjadi dua diantaranya, motif hiburan dan motif informasi. Hasil penelitian menunjukan media sosial TikTok dapat menjadi alat yang efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan cara yang lebih modern dan menarik. Hal ini pengguna sudah mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan melalui akun TikTok @pemkabbantul, meliputi berita lokal dari pemerintah Kabupaten Bantul. Pemanfaatan dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial TikTok sebagai bentuk strategi komunikasi diantaranya dengan mengikuti tren yang ada di TikTok dan memastikan konten tidak mengandung unsur SARA. Mengunakan konten yang menarik. Memanfaatkan iklan TikTok atau TikTok Ads, Hal tersebut memungkinkan dapat mencapai jangkauan luas termasuk di kabupaten Bantul dan wilayah lainnya.


Keywords


Pemanfaatan, Akun TikTok, Diskominfo Kabupaten Bantul

References


Dewi, A. P., & Delliana, S. (2020). SelfDisclosure Generasi Z Di Twitter. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/jep.v3i1.1526

Dwi Novianti, L., & Ali Wafa, M. (2021). Peran Media Youtube Dalam Penyebaran Informasi Publik Pada Diskominfo Kabupaten Kapuas Disertasi Doctoral, Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan MAB.

Ginting, D. C. A., Rezeki Sri Gusti, Siregar Aldo Azani, & Nurbaiti. (2024). Analisis Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Interaksi Sosial di Era Digital. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i1.280

Hanif Mohamad Abdul. (2018). Mengkombinasikan Dakwah Dengan Budaya Sebagai Langkah Meningkatkan Antusiasme Masyarakat(Analisis Uses and Gratifications Theory). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan |, 2(1), 19–37.

Iriantara, Y. (2019). Humas Pemerintah 4.0. Media Nusantara, 16(1), 13-26. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/medinus.v16i1.630

Kusumaningrum, N. A., & Widiarti, P. W. (2022). Strategi Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul Dalam Pengelolaan Informasi Bagi Publik Melalui Program Acara “Taman Paseban.” Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(4), 351–362. https://doi.org/10.21831/lektur.v4i4.18541

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51–65. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Puspa Ayudia, A., & Sri Wulandari, S. (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo Abstrak. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2),249–268. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa

Rania, R., & Diniati, A. (2023).Analisis Strategi Humas Diskominfo Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @Kominfobogor. KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(1). 291-302. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i1.4539

Ruchiat Nugraha, A., Fatma Sjoraida, D., & Novianti, E. (2022). Analisis strategi humas pemerintahan era milenial dalam menghadapi tata kelola informasi publik. PRofesi Humas, 6(2), 286–310. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v6i2.37095

Rusdi, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2, 355–362. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712

Sari, E. M. (2017). Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan selfcontrol remaja:Study kasus di Smp Negri 5 Bandar Lampung. Tesis diterbitkan. Lampung: UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Sipa’atul Puazah, S., & Putra, A. (2022). Pemanfaatan Akun Tiktok Oleh Suara.com Sebagai Media Penyebaran Berita Dan Informasi. E-Proceeding of Management |, 9(6), 3533–3541.

Widyanto, G., Afifah Putri, N., & Fijar Sulistiyo, M. (2022). Media Baru Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Di Instansi Pemerintah (Studi Deskriptif Penggunaan Aplikasi TikTok pada Direktorat Jenderal Imigrasi). Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 8(1), 151–169. https://doi.org/https://doi.org/10.52447/promedia.v8i1.5614

Yanti, S. (2022). “Strategi Media Relations Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Kabupaten Madiun.” Tesis diterbutkan. Ponorogo: IAIN PONOGORO.