Komodifikasi Hijab Pada Iklan Clear Hijab Pure Edisi Silvia Azizah

Nurul Fauziah, Ratna Puspita

Abstract


Hijab seharusnya menjadi simbol agama yang menyelamatkan perempuan dari standar-standar penampilan dan kecantikan masyarakat. Hijab seharusnya bisa membebaskan perempuan dari kungkungan keharusan bahwa cantik haruslah modis, trendi, dan mengikuti perkembangan fesyen. Hijab seharusnya menampilkan perempuan dalam balutan pakaian, termasuk riasan wajah yang sederhana. Sayangnya, hijab sebagai symbol agama kini telah berubah. Kapitalisme, melalui media massa merubah makna hijab melalui praktik komodifikasi. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika John Fiske, penelitian ini ingin membongkar praktik komodifikasi hijab dalam iklan Clear Hijab Pure Edisi Silvia Azizah melalui level realitas hijab, representasi hijab, dan ideologi hijab dalam iklan Clear Hijab Pure Edisi Silvia Azizah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hijab dalam iklan Clear Hijab Pure Edisi Silvia Azizah, bukan sekedar simbol agama. Hijab menjadi bagian penting dari penampilan perempuan ber hijab, seperti halnya perempuan tidak ber hijab lainnya. Kapitalisme melalui praktik komodifikasi membentuk standart yang sama antara penampilan perempuan ber hijab dengan yang tidak ber hijab. Hijab bak rambut kedua bagi perempuan ber hijab. Standar perempuan ber hijab dalam iklan ini, yakni mengenakan jilbab dililit ke leher, mengenakan riasan wajah, dan tidak takut menampilkan wajah yang tidak ramah. Simbolisasi komodifikasi hijab ini terlihat pada riasan wajah, ekspresi wajah, kain panjang berwarna hitam. Simbol-simbol tersebut dikemas dalam pencahayaan yang menjadikan perempuan sebagai pusat perhatian atau sorotan.

Kata kunci : Komodifikasi, Hijab dalam Iklan, Semiotika, John Fiske


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abhipraya, F. A., Khatami, M. I., Hima, M., Muntaha, E., & Yogyakarta, U. M. (2021). Representasi Relasi Kuasa Dalam Kelompok Masyarakat Pada Film Tilik. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 102116. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5340

Aileena, C. S. C. R. E. (2013). Representasi Perempuan Muslim Kontemporer: Identitas Perempuan Muslim pada Iklan Wardah. Visualita, 5 No. 1.

Arya, Nosakros, et al. (2013). Komodifikasi Kemiskinan dalam Televisi Indonesia. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Indonesia, Jun, 175186.

Arya, N., Cangara, H., & Ude, A. A. (2013). Komodifikasi Kemiskinan Dalam Televisi Indonesia: Studi Komparatif antara Program Jika Aku Menjadi di Trans TV dengan Program Bedah Rumah di RCTI. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(2), 175185.

Chris, B. (2004). Cultural Studies Teory And Practice. Sage Publication.

Diamant, J. (2019, April). The countries with the 10 largest Christian populations and the 10 largest Muslim populations. Power Research Center. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/04/01/the-countries-with-the-10-largest-christian-populations-and-the-10-largest-muslim-populations/

Dyah Rachmawati Sugiyanto. (2015). Komodifikasi Berita Dibalik Ideologi Ekonomi Politik Media (Studi Pada Program Polemik Di Radio Sindo Trijaya 104.6 Fm Jakarta). Komunikasi Untar, 7, no. 1, 5769.

Fakhruroji, M. (2010). Komodifikasi Agama Sebagai Masalah Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5, no. 16, 118.

Febriani, G. A. (2019). Sivia Azizah: Dari Blink Kini Jadi Hijabers Hypebeast. Detik.Com. https://wolipop.detik.com/hijab-profile/d-4724959/sivia-azizah-dari-blink-kini-jadi-hijabers-hypebeast

Fernandez, P. W. (2013). Komodifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 8(1). https://doi.org/10.24002/jik.v8i1.182

Frank Jefkins. (1995). Periklanan (S. A. Yati Sumiharti (ed.); 3rd ed.). Erlangga.

Golding, G. M. dan P. (1992). Political Economy of Mass Communication. A Division of Holder & Stoughten.

Hutami, Indra, et al. (2018). Membedah Komodifikasi Isi Pesan Mini Drama Line Nic And Mar" (Analisis Semiotika John Fiske terhadap Mini Drama Line). Simulacra, 1 no. 1, 101-116.

Hutami, I., Yusanto, F., & Nugroho, C. (2018). Membedah Komodifikasi Isi Pesan Mini Drama Line Nic And Mar (Analisis Semiotika John Fiske Terhadap Mini Drama Line). Simulacra: Jurnal Sosiologi, 1(1), 101116. https://doi.org/10.21107/sml.v1i1.4988

Istighfarina, N., & Sudrajat, R. H. (2017). Analisis Isi Daya Tarik Pesan Iklan Berdasarkan Elemen Print Ad pada Iklan Sabun Mandi di Majalah Femina Periode Januari 2014- Agustus 2016. Jurnal Komunikasi, 9(1), 44. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.76

Kosakoy, J. P. (2016). Representasi Perempuan Dalam Film Star Wars VII: the Force Awakens. E-Komunikasi Universitas Kristen Petra, 4, no. 1.

Lubis, F. H. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA BILLBOARD PASANGAN CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA MEDAN 2015. Interaksi UMSU, 1 NO 1, 1742. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/interaksi.v1i1.877

Mirantika, N., & Marbun, S. (2018). Pengaruh Modernisasi Terhadap Perkembangan Komodifikasi Mukena Jurnal Studi Kultural Pengaruh Modernisasi Terhadap Perkembangan Komodifikasi Mukena. I(June 2016), 116123.

Mosco, V. (1996). The Political Economy of Communication. SAGE Publication.

Mustika, R., & Arifianto, S. (2018). Komodifikasi Popularitas Selebritis untuk Mendulang Suara Pemilu Legislatif 2019. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 139. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220204

Novia Anggraeny Setiawaty. (2017). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/i Universitas Gunadarma, Depok). Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22, no. 1.

Prasetyo, A., & Junaedi, F. (2020). Representasi Identitas Muslimah dalam Iklan Televisi Sunsilk, Wardah dan Emeron. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 203218. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4532

Rozaki, A. (2013). Komodifikasi Islam (Kesalehan Dan Pergulatan Identitas Di Ruang Publik). Dakwah UIN Sunan Kalijaga, 14, no. 2, 199-212.

Suhodo, D. (2016). Think Out Of The Box: Proses Kreasi-kreativitas Industri Periklanan. Ekonomi Pembangunan LIPI, 24, no. 2, 7183.

Syah, H. (2013). Dakwah Dalam Film Islam Di Indonesia (Antara Idealisme Dakwah Dan Komodifikasi Agama. Dakwah UIN Sunan Kalijaga, 14, no. 2, 263282.

Yuli Nugraheni, & Yuliastuti, M. (2008). Surabaya Mengenai Tayangan Iklan Layanan. Komunikasi, XI(Maret 2017).

Yunita, D., Fitrianto, E., & . N. (2018). Tema Humor Pada Iklan Serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Pesan Iklan dan Buying Readiness Stages. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(2), 127137. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i2.5700




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v6i1.8186

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0