Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Tahun Ajaran 2021/2022

Desi Rahmadani, Pipit Putri Hariani MD

Abstract


Abstract. This article discusses the Effect of the PAIKEM Learning Model Logan Aveneu Problem Solving LAPS-Heuristics on the Learning Outcomes of Class XI Social Studies Accounting Students at SMA Muhammadaiyah Gunung Meriah Academic Year 2021/2022. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of the Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heuristic PAIKEM learning model on Accounting Learning Outcomes for students of class XI Social Sciences SMA Muhammadiyah which consisted of 28 students. This research was conducted at SMA Muhammadiyah Gunung Meriah which is located in Tulaan Village, Gunung Meriah sub-district, Aceh Singkil Regency. The data collection technique was using a test, namely the questions of Pre-test and Post-test, and the data was processed with the help of SPSS 23 For Windows. By using the PAIKEM learning model Logan Aveneu Problem Solving LAPS-Heuristic on the learning outcomes of accounting students in class XI IPS Muhammadiyah Gunung Meriah, students experienced an increase in learning seen from the value of learning outcomes. Based on the results of data processing that has been carried out using the t-test statistics, namely tcount> ttable, 1,799> 1,304. So it can be said that the accepted hypothesis is Ha which means "There is an Influence of the Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heuristic PAIKEM Learning Model on Accounting Learning Outcomes for Class XI Social Sciences SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Academic Year 2021/2022".

Abstrak. Artikel ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas XI IPS SMA Muhammadaiyah Gunung Meriah Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran PAIKEM tipe Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah yang terdiri dari 28 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Gunung Meriah yang beralamat di Desa Tulaan kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Tes yaitu berupa soal Pre-test dan Post-test, dan data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 23 For Windows. Dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM tipe Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap hasil belajar siswa akuntansi kelas XI IPS Muhammadiyah Gunung Meriah, siswa mengalami peningkatan dalam belajar yang dilihat dari nilai hasil belajar. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji t yaitu thitung>ttabel, 1,799 > 1,304. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima adalah Ha artinya Ada Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM tipe Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Tahun Ajaran 2021/2022.


Keywords


Model Pembelajaran PAIKEM, LAPS-Heuristik, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Lif Khoiru & Sofan Amri. (2016). PAIKEM Gembrot, Jakarta : PT Prestasi Pustaka Raya.

Anurrahman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ayuni, T.R., Ilah, & Ruhyanto, A. (2021). Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heurustik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 77-86.

Alam S. 2017. Ekonomi Kelas XI Untuk SMA/MA. Jakarta: Esis.

Batubara, Ismail Hanif. 2019. Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies 1(2): 11619. https://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs/article/view/1371.

Batubara, Ismail Hanif, and Putri Maisarah Ammy. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan 1(2): 4353.

Fatimah, Syanti, Syafri. 2016. Pembelajaran Akuntansi Pendidikan Akuntansi. Yogyakarta: Ruko Jambu.

Fatmawarni, F. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Analisis Ratio Keuangan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scoffolding pada Program Studi Akuntansi FKIP UMSU. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(3), 186200. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.3770

Istirani dan Intan Pulungan. 2018. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Juhar, Muhammad. 2017. Implementasi Paikem Dari Behavioristic Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pusaka

Majid, Abdul. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Maryadi. (2020). Membandingkan hasil uji statistika parametrik dan non parametrik. Jurnal of applied manajerial accounting Vol 4 No 1 (2020).

MD, P. P. H., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 4(1), 3849. https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i1.7496

Monalita, Anna de Fretes. (2020). Modul Pembelajaran SMA. Modul Ekonomi Kelas XI. Direktorat SMA, Direktorat Jendral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN: 104-119.

Ngalimun, Fauzani dan Salabi, Ahmad. 2017. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressido.

Nafisah Khoirun, Margunani, L. L. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang, Economic Education Analysis Journal, 4(1), 178-184.

Ningsih, D, M., Husaini., & Kusnafizal, T. (2020). Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-Heuristik Pada Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejaran Volune 5 Nomor 1 (2020): 25-40. http://www.jim.unsyiah.ac.id/sejarah/article/viewFile/15080/6709

Rahman, I. S., Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran LAPS (Logan Aveneu Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Wacana Akademika. Volume 2 No 1 Tahun2018.https://pdfs.sematicsholar.org/8441/4650c09cc58d4f3717b272b8b0686841785c.pdf

Ramayulis. 2016. Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2017. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Predana Media Group.

Sari, I. W., & Sitompul, D. N. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 4(1), 19. https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i1.6782

Shoimin, Aris. 2019. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Sihombing, L. N., Napitupulu, R. P., & Simorangkir, J. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 203213. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1228.

Sihotang, I. M. (2022). PENGGUNAAN MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR. 5(1), 7481.

Slameto. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.

Straus, Tetroe dan Graham dalam Ricardo dan Meilani. 2017. Penilaian Autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2016. Metodelogi Kuntitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: PT ALFABETA.

Sugiyono.2019. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryani, S., & Iqbal, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Aveneu Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Al-Qalasadi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 50-56. https://doi.org/10.32505/V312.1203.

Utami, Nila., Djahir Basir., & Fitriyanti (2015). Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal PROFIT, 2(1), 68-76.

Yamin, Muhammad. 2020. Efektivitas Model Auditory Intellectually Repetition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua T . P 2019 / 2020. Journal Mathematics Education Sigma (Jmes): 1015.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v3i2.10993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.