Etnomatematika: Museum Fatahillah Jakarta Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika

Adella Irma Wiyanti, Dyah Ayu Wulandari, Febbyana Ilwan Kajori, Salsabilla Indah Alfiani, Wahidin Wahidin

Abstract


Abstract. Fatahillah Museum Jakarta is one of the historical buildings with cultural values that can be seen from a mathematical point of view. The purpose of this research is to analyze ethnomathematics and explore one of the historical buildings in Indonesia, namely the Fatahillah Museum Jakarta. This research method is qualitative with an ethnographic approach. The data collection technique for this researchis observation, documentation, and interview. The data analysis technique of this study is a descriptive method (words, sentences, images, and not lift). As a result of this research, there are many concepts including; flat wake concepts (square, rectangle, trapezoidal, circle, semicircular, triangular, and rhombus), space-building concepts (beams, pyramids, tubes, and half-spheres), the concepts of Lines and angles, linear concepts, opportunity, transformation geometrics, and Symmetric.

Abstrak. Museum Fatahillah Jakarta merupakan salah satu gedung bersejarah dengan nilai kebudayaan yang dapat dilihat dari sudut pandang matematika. Tujuan penelitan ini adalah menganalisis etnomatematika serta mengeksplorasikan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia yaitu Museum Fatahillah Jakarta. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini adalah metode deskriptif (kata-kata, kalimat, gambaran, dan bukan angka). Hasil penelitan ini terdapat banyak konsep diantaranya; konsep bangun datar (persegi, persegi Panjang, trapesium, lingkaran, setengah lingkaran, segitiga, dan belah ketupat), konsep bangun ruang (balok, limas, tabung, dan setengah bola), konsep garis dan sudut, konsep linear, peluang, transformasi geometri, dan simetris.


Keywords


Ethnomathematics, Museum Fatahillah, Matematika

Full Text:

PDF

References


Amirullah, Ahmad Tafsir, Adian Husaini, and Endin Mujahidin. 2019. Makna Budaya Ilmu Dalam Literatur Islam. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 08(02):26786.

Andriyani, and E. Kuntarto. 2017. Etnomatematika : Model Baru Dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang 2(2):13344.

Ariani. 2015. PERUBAHAN FUNGSI PADA MUSEUM FATAHILLAH DITINJAU DARI TEORI POSKOLONIAL Bangunan Dan Arsitektur. Humaniora 6(1):48395.

Batubara, Ismail Hanif, Sahat Saragih, Elmanani Simamora, E. Elvis Napitupulu, and Indah Purnama Sari. 2022. Analysis of Student s Mathematical Communication Skills through Problem Based Learning Models Assisted by Augmented Reality. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal 5(1):102437.

junaid, Ilham. 2018. Analisis Data Kualitatif Dalam Penelitian Pariwisata. 10(01):5974. doi: 10.31219/osf.io/npvqu.

Lisnani, Lisnani, Zulkardi Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri, and Somakim Somakim. 2020. Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(3):35970. doi: 10.31980/mosharafa.v9i3.754.

Nimah, Nani Thoyibatun, and Rina Marlina. 2021. Eksplorasi Etnomatematika Pada Monumen Tugu Kebulatan Tekad. JIPMat 6(1):7684. doi: 10.26877/jipmat.v6i1.8018.

Putra, Bayu Nugroho, Antariksa, and Abraham M. Ridjal. 2017. Pelestarian Bangunan Kolonial Museum Fatahillah Di Kawasan Kota Tua Jakarta. Jurnal Arsitektur 10.

Ramdiani, Sri. 2014. Pelestarian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Upacara Adat Ngalaksa Dalam Upaya Membangun Karakter Bangsa. Repository. UPI. Edu.

Rosita, Rosita, Asfida Asfida, Muhammad Ahyar Annur, and Azis Azis. 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Benteng Keraton Buton Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 6(2):8690.

Sani, Rizky, Nur Faizah, Ferly Andreyanto, Viola Dessy Romadhoni, Abdur Rouf, and Megita Dwi Pamungkas. 2020. Ethnomatematics : Vredeburg Fort Analysis in Terms of Geometry Etnomatematika : Analisis Benteng Vredeburg Ditinjau Dari Segi Geometri. 2(1):6470.

Sarwoedi, Desi Okta Marinka, Peni Febriani, and I. Nyoman Wirne. 2018. Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 03(02):17176.

Viter, Jhon. 2014. Kajian Desain Interior Lantai 1 Pada Museum Fatahillah.

Wahidmurni, Dr. 2017. PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. Reposiroty UIN Malang 6:59.

Wahyudi, M. D., S. Azizah, and ... 2019. Desain Gedung Opera Di Surabaya Dengan Penekanan Pada Arsitektur Neo Klasik. Prosiding Seminar 16977.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v3i2.11050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.