Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Example Non-Example

Suci Charolina, Yasifati Hia

Abstract


Abstract. This research aimed to improve the understanding of mathematical concepts of SMK Sri Langkat Tanjung Puras students by implementing the Example Non-Example learning model through animated videos. This research type was classroom action research. The subject of this research is the students' of class X majoring in TKR SMK Sri Langkat Tanjung Pura. This research occurred in two cycles. The first cycle consisted of two meetings and the second cycle also consisted of two meetings. In this research, the data collection techniques applied were observation, tests, and questionnaires. The instruments used were observation sheets, tests, and learning response questionnaires. While for the data analysis technique, the descriptive quantitative was employed. Based on the observation result, there were increases in each indicators percentage of understanding mathematical concepts from the first cycle and second cycle, which were: 1) Restating that mathematical concept in the first cycle of 90% increased to 93% in the second cycle. 2) Classifying objects according to certain traits did not experience a constant increase of 86%. 3) Creating examples and non-examples in the first cycle of 71% increase to 86% in the second cycle. 4) Presenting concepts in various forms of mathematical representation in the first cycle of 65% increased to 89% in the second cycle. 5) Applying the concept or algorithm problem-solving in the first cycle of 63% increased to 93% in the second cycle. Furthermore, the increase in the average percentage of learning test results from 75.3 in the first cycle with moderate criteria increased to 83.75 in the second cycle with high criteria.

Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMK Sri Langkat Tanjung Pura dengan menerapkan model pembelajaran Contoh Non-Contoh melalui video animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan TKR SMK Sri Langkat Tanjung Pura. Penelitian ini terjadi dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan siklus kedua juga terdiri dari dua pertemuan. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi, tes, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan kuesioner respon pembelajaran. Sedangkan untuk teknik analisis data, digunakan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat peningkatan persentase pemahaman konsep matematika masing-masing indikator dari siklus I dan siklus II, yaitu: 1) Menyatakan kembali konsep matematika itu pada siklus pertama 90% meningkat menjadi 93% pada siklus kedua. 2) Mengklasifikasikan objek sesuai dengan sifat-sifat tertentu tidak mengalami peningkatan konstan sebesar 86%. 3) Membuat contoh dan non-contoh pada siklus I sebesar 71% meningkat menjadi 86% pada siklus II. 4) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis pada siklus pertama 65% meningkat menjadi 89% pada siklus ii. 5) Menerapkan pemecahan masalah konsep atau algoritma pada siklus pertama sebesar 63% meningkat menjadi 93% pada siklus ii. Selanjutnya, peningkatan rata-rata persentase hasil tes pembelajaran dari 75,3 pada siklus I dengan kriteria sedang meningkat menjadi 83,75 pada siklus II dengan kriteria tinggi.


Keywords


Pemahaman Konsep Matematika, Model Example Non-Example

Full Text:

PDF

References


Agmiansyah, R. F. (2016). Pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan media PowToon video player.

Ammy, Putri Maisyarah, and Ismail Hanif Batubara. 2018. Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Antara Siswa Yang Diberi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Dengan Pembelajaran Langsung. MES Journal of Mathematics Education and Science 3(2): 17584.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/RwmEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Arrezha, I., Thamrin, A., & Katiman, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X TKBB SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(1), 4756. https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i1.22550

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra di SMA Free Methodist Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 4754. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.219

Batubara, I. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU-Improving the Ability to Understand Concepts through Guided Discovery Methods Assisted by Autograp. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 5158. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.869

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5211

Djumanta, W. (2019). Mari Memahami Konsep Matematika. Grafindo Media Pratama. https://www.google.co.id/books/edition/Mari_Memahami_Konsep_Matematika/Xld-BiGzYSAC?hl=id&gbpv=1

Hamalik, O. (2016). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education , 2(1), 812. Retrieved from http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746

Heryadi, D. (2014). Stastika Praktik untuk Penelitian Pendidikan. Universitas Siliwangi.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Meilani, D., & Abdullah, R. (2021). Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan , 4(1), 2831. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/3800

M. Miftah. (2019). Peran Dan Fungsi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(9), 16891699.

Putri, M. S., Asmawati, I., Iman, M. F., & Syaharuddin. (2021). Pengaruh Model Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta-Analisis. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, 49(3), 129141.

Ruqoyyah, S., & Murni, S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel. CV. Tre Alea Jcta Pedagogie. https://www.google.co.id/books/edition/KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_DAN_RESILIENS/R2IXEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pemahaman+konsep&printsec=frontcover

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Strandar Proses Pendidikan. Kencana.

Sudjana, N. (2016). Penialain Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovetif-Progresif Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada KTSP. Kencana Prenadamedia Group.

Uno, H. (2017). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. PT. Bumi Aksara.

Yosa, N. A., & Halomoan, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Pair Checks (PC) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma , 2933. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4069




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v3i2.11100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.