Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMAN Olahragawan Ragunan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darma, Yudi, Muhammad Firdaus, and Rahman Haryadi. 2016. “Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika.” Edukasi 14: 169–78.
Dores, Olenggius Jiran, and Beni Setiawan. 2019. “Meningkatkan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Membelajarkan Matematika.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 4(1): 42.
Fitriana, Laila. 2010. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (Gi) Dan Stad Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa.” Tesis.
Hidayati, Vivi Rachmatul et al. 2020. “Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape & Space.” JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3(3): 1–10.
Kholifasari, Rizqi, Citra Utami, and Mariyam Mariyam. 2020. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar.” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7(2): 117–25.
Kusumawardani, Dyah Retno, Wardono, and Kartono. 2018. “Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1): 588–95.
Mahendra, I Wayan Eka. 2017. “Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 6(1).
Marfuati, Rifah, and Triana Noor Edwina Dewayani Suharto. 2019. “Hubungan Konsep Diri Dan Persepsi Pola Asuh Authoritative Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa.” 5(1): 167–74.
OECD. 2013. OECD publishing PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy.
Qolbu, Nadiya, Saidah Ahmad, and Kiki Fatmawati. 2021. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur.” Primary education journal (pej) 4(2): 32–36.
Umama, Hany Azza, and Nurhayani. 2021. “Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19, Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Serang Raya Banten.” SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis XIV(September).
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).
Syawahid, Muhammad, and Susilahudin Putrawangsa. 2017. “Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Beta: Jurnal Tadris Matematika 10(2): 222–40.
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.13685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.