Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMAN Olahragawan Ragunan

Taufiq Hidayat, Leni Marlena

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menduga pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMA Olahragawan Ragunan. Pendekatan kuantitatif berupa survei digunakan pada penelitian ini. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri Ragunan (sekolah khusus olahragawan) Jakarta Selatan berjumlah 62 siswa. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket kemandirian belajar, dan instrumen test soal literasi matematis pada materi integral sebanyak 3 soal. Pemodelan Rasch digunakan untuk memvalidasi instrumen angket, dan ahli memvalidasi instrumen pertanyaan. Kemudian, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, menguji pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Hasil penelitian dari perhitungan analisis regresi linier sederhana yaitu didapat persamaan regresi liniernya adalah   = 41.864 + 6.994(kemandirian belajar), dengan nilai signifikan 0.00 < 0.05, dilanjut dengan uji t didapat thitung= 6.190 > ttabel = 2.024, sehingga  ditolak. Selanjutnya, dilakukan uji asumsi klasik meliputi pengujian kondisi Gauss-marcov, E(e) = 0, sisaan menyebar normal, dan sisaan bebas terhadap peubah bebas X, yang mana semuanya terpenuhi. Setelah dilakukannya analisis regresi linier sederhana dan diperkuat dengan hasil uji asumsi klasik yang semuanya terpenuhi maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMA Negeri Ragunan (Sekolah Khusus Olahragawan).

Keywords


Literasi Matematis; Kemandirian; Regresi

References


Darma, Yudi, Muhammad Firdaus, and Rahman Haryadi. 2016. “Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika.” Edukasi 14: 169–78.

Dores, Olenggius Jiran, and Beni Setiawan. 2019. “Meningkatkan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Membelajarkan Matematika.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 4(1): 42.

Fitriana, Laila. 2010. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (Gi) Dan Stad Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa.” Tesis.

Hidayati, Vivi Rachmatul et al. 2020. “Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape & Space.” JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3(3): 1–10.

Kholifasari, Rizqi, Citra Utami, and Mariyam Mariyam. 2020. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar.” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7(2): 117–25.

Kusumawardani, Dyah Retno, Wardono, and Kartono. 2018. “Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1): 588–95.

Mahendra, I Wayan Eka. 2017. “Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 6(1).

Marfuati, Rifah, and Triana Noor Edwina Dewayani Suharto. 2019. “Hubungan Konsep Diri Dan Persepsi Pola Asuh Authoritative Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa.” 5(1): 167–74.

OECD. 2013. OECD publishing PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy.

Qolbu, Nadiya, Saidah Ahmad, and Kiki Fatmawati. 2021. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur.” Primary education journal (pej) 4(2): 32–36.

Umama, Hany Azza, and Nurhayani. 2021. “Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19, Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Serang Raya Banten.” SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis XIV(September).

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).

Syawahid, Muhammad, and Susilahudin Putrawangsa. 2017. “Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Beta: Jurnal Tadris Matematika 10(2): 222–40.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.13685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.