PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL DENGAN MODEL ADDIE BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP JAMBI MEDAN

Abdul Razak, Zulfi Amri, Tua Halomoan

Abstract


Bahan ajar matematika berbasis Flip PDF Professional merupakan bahan ajar alternatif yang diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Pengembangan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis e-modul menggunakan Flip PDF Professional agar tepat guna dan efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development di SMP Jambi Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis e-modul menggunakan Flip PDF Professional yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif digunakan untuk siswa kelas IX. Penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan model ADDIE yaitu peneliti merancang suatu bahan ajar matematika menggunakan Flip PDF Professional pada materi bangun ruang sisi lengkung. Kelayakan media di lihat oleh 3 aspek yaitu aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Pada validasi siklus 1 hasil yang didapatkan adalah 75%, pada validasi siklus 2 didapatkan hasil 85% dan pada siklus 3 didapatkan hasil 90% dengan kategori “ Sangat Valid”.


Keywords


Bahan Ajar; E-modul; Flip Pdf Professional; Validasi; Efektif

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:Depdiknas

Hobri, Hobri, Ice Septiawati, and Antonius Cahya Prihandoko. "High-order thinking skill in contextual teaching and learning of athematics based on lesson study for learning community." (2018).

Inah, Ety Nur. "Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa." Al- TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8.2 (2015): 150-167.

Kustandi, Cecep, and Daddy Darmawan. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media, 2020.

Mangelep, Navel Oktaviandy. "Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6.3 (2017): 431-440.

Mursyidi, Saiful Qomar, Muhammad Musiyam, and M. TP. Pengembangan Bahan Ajar IPS Kelas VII Pada Sub-Subtema Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Puspasari, Ratih, and Tutut Suryaningsih. "Pengembangan Buku Ajar Teori Graf untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika." Jurnal Tadris Matematika 2.1 (2019): 85-100.

Rayanto, Yudi Hari. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute, 2020.

Rindaryati, Nurwahyu. "E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika." Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5.2 (2021): 192-199.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.13697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.