PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA SMP SWASTA RAUDHATUL JANNAH

Sri Eka Rindana, Irvan Irvan

Abstract


Penelitian dilaksanakan untuk mengungkap seberapa besar perbedaan antar siswa dalam hal tingkat pemahaman dalam belajar matematika, terkhusus dalam aplikasi belajar model discovery learning serta model dengan pengajaran secara langsung yang ditujukan terhadap siswa SMP Swasta Raudhatul Jannah kelas VIII tahun akademik 2023. Quasi experiment diterapkan dalammelakukanpenelitian dengan populasi mencakup siswa SMP Raudhatul Jannah kelas VIII sebanyak 80 orang dari 3 kelas berbeda. Secara rinci, sampel yang menjadi bahan penelitian terdiri dari 24 siswa diambil dari kelas VIII Sumayyah 1 dan dikenakan kelas ekspriment. Selanjutnya 31 siswa kelas VIII dari kelas Maryam yang ditetapkan sebagai kelas control. Data dikumpulkan dengan memanfaatkan instrument berupa tes dan analisis dilakukan dengan mengaplkasikan uj t-test. Berdasarkan hasil analisis peneltian ini menunjukkan t-hitung>t-tabel sama dengan 3,198>1,6741, yang artinya adalah adanya sebuah perbedaan signifikan dalam hal kemampuan siswa memahami konsep mata pelajaran matematika antara peserta didik yang mengaplikasikan model discovery learning dalam kegiatan belajar Matematika dan siswa-siswi yang belajarnya mengimplementasikan modelpengajaran langsung.


Keywords


Discovery Learning, Pengajaran Langsung, Konsep Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.