PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI MATEMATIKA BERBASIS BRAIN BASED LEARNING MEMAKAI TEKA-TEKI SILANG

Sri Wahyuni, Putri Maisyarah Ammy

Abstract


Unit Kegiatan Belajar Mandiri merupakan salah satu bahan ajar sebagai alur siswa untuk belajar yang direrahkan oleh pendidik saat pembelajaran berlangsun. Penelitian ini dilakukan dengan pengembangan Research and Development yang bertujuan agar mereproduksi unit kegiatan berlajar mandiri matematika berbasis Brain Based Learning dengan memaai teka-teki silang yang telah divalidasi oleh validator ahli, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap unit kegiatan belajar mandiri yang di produksi ini. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MAN 1 Medan, dengan subjek penelitian yang dilibatkan yaitu kelas X MIPA dan X IPS. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan model pengembangan ADDIE, dengan menunjukkan hasil penelitian bahwa unit kegiatan belajar mandiri matematika berbasis Brain Based Learning memakai teka-teki silang yang dikembangkan adalah sangat valid dan juga sangat praktis. Pada validasi unit kegiatan belajar mandiri mendapatkan hasil kevalidan sebesar 87% dari dosen ahli dan 93,6% dari guru matematika. Serta pada kepraktisan, unit kegiatan belajar mandiri mendapat hasil praktis sebesar 92% di kelas X MIPA dan 92,5 % di kelas X IPS.


Keywords


Unit Kegiatan Belajar Mandiri,Brain Based Learning, Teka-Teki Silang



DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.