PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG

Yadi Heryadi, Anggi Rahmani, Nur Setia Arti

Abstract


Matematika merupakan bidang studi yang dipelajari oleh semua peserta didik dari sekolahdasar sampai sekolah menengah. Pembelajaran matematika disekolah dasar bertujuan agar peserta didik dapat menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari secara tepat. Realitanya masih banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit dan membosankan sehingga dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran salah satunya denganberinovasidalammedia pembelajaran. Tujuandaripenelitian pengembangan ini adalah menghasilkan alat permainan edukatif ular tangga geometri yang layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang di kelas V sekolahdasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (RnD) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Model ADDIE dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996. Subjek penelitian ini adalahsiswakelas Vsekolah dasaryang berjumlah 30orang.Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara kepada guru kelas dan angket yang diberikan kepada ahli media dan materi dan juga angket untuk peserta didik Penelitian inimenghasilkan sebuah produk berupa media yang berupa alat permainan edukatif ular tangga geometri (Argatri), berdasarkan penilaian ahli media kelayakan media mendapatkan nilai ratarata 3,86 dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 3,6 dengan kategori layak, serta keefektifan yang didapat dari respon peserta didik kelas V sekolah dasar mendapatkan nilai rata-rata 3,5 dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penilaian ahli media, ahli materi dan uji coba produk dapat dinyatakan bahwa alat permainan edukatif ular tangga geometri (Argatri) layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangunruang.


Keywords


Alat Permainan Edukatif Ular Tangga, Materi Bangun Ruang, Kelas V Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dengan Barang Bekasuntuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di Ra Al-Hidayah KecamatanKasui Kabupaten Waykanan.Skripsi, 1–120.http://repository.radenintan.ac.id/5219/1/skripsi lengkap.pdf Annisah, S. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan,11(1), 1–15. Ayu, G., Setiani, K., Ayu, I. G., Agustiana, T., & Puteri, D. A. (2022). Permainan Ular Tangga : Media Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar.Jurnal Mimbar Ilmu,27(2),262–269. Ilmi, A. (2017).PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH CS3 DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG UNTUK KELASIV SD/MI.2, 1–25. Lena,M. S.(2017).MEDIA (maisrilenaM.Pd(ed.);1st ed.).permataNet.Murdiyanto,T.,& Mahatama,Y.(2014).Pengembangan AlatPeragaMatematikaUntukMeningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SekolahDasar.Sarwahita,11(1),38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07 Wibowo, E. (2015).PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULARTANGGA MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS BANGUN DATARUNTUKSISWAKELASVSD NEGERI1SINDUADIMLATISLEMAN.JurnalTeknologiPendidikan,151, 10–17.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.