HUBUNGAN PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH SIPIROK

Yulia Anita Siregar, Ainun Mardiyah Lubis, Winmery Lasma Habeahan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan kecerdasan kognitif anak di SD Muhammadiyah Sipirok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan korelasional dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan kecerdasan anak SD muhammadiyah Sipirok. Penelitian ini menghasilkan rata-rata pola asuh orang tua ialah sebesar 99,37 sedangkan rata-rata kecerdasan kognitif sebesar 98,37. Dari hasil perhitungan analisis dalam menjawab hipotesis penelitian diperoleh ρ hitung = 0,995 dengan kategori sangat kuat dan ρ tabel = 0,339 . Sehingga dapat disimpulkan Terdapat hubungan yang signifikan antara peran pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif anak di SD Muhammadiyah Sipirok dengan kontribusi sebesar 99%. Artinya peran pola asuh orang tuasangat dibutuhkan dalam mengembangkan kecerdasan kognitif Anak.

Keywords


Pola Asuh, Orang tua, Kecerdasan Kognitif, Anak SD

Full Text:

PDF

References


Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar.LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan),9(1), 37–50. DEWI, F. S. P. (2022). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran menurut Teori Jean Piaget (Telaah Buku Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget). UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Edwards, C. D. (2006). Ketika anak sulit diatur: panduan bagi para orangtua untuk mengubah masalah perilaku anak. Kaifa. Fitriani,L. (2015). Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera,17(1). Fitriyani, L. (n.d.).Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. XVIII(1), 93–110. Jamiah, J. (2021). Penguatan Pola Asuh Orang Tua bagi Perkembangan Kognitif Anak di Desa Guci Kecamatan Sirampog.Jurnal Kependidikan,9(2), 221–235. Kadrianti, E. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Anak Kelas 1 Di Sekolah Dasar Negeri Bung Makassar.Nursing Inside Community,1(1), 22–26. Noor, F. A. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Raudlatul Athfal (RA). SELING: Jurnal Program Studi PGRA,4(2), 169–180. Pendidikan, J., Issn, K., Min, I. V, Padangsidimpuan, S., Min, I. V, Padangsidimpuan, S., Di, I. V, & Sihadabuan, M. I. N. (2016). HUBUNGAN KEYAKINAN ORANG TUA DENGAN SELFEFFICACY Nurdiana Siregar PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara Email : nurdiana884@yahoo.co.id.1(1), 64–73. Santrock, J. W., Sumiharti, Y., Sinaga, H., Damanik, J., & Chusairi, A. (2002). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.