Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budi, R. 2018. Contextual Teaching and Learning Matematika : Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Darmayanti, T.Evektifitas IntervensiKeterampilan Self-Regulated-Learning dan Keteladanan dalam meningkatkanKemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh.http://lppm.ut.ac.id/ptjj/92sept08/tri.pdf. Elizawati, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Pertiwi Kota Medan (Penelitian Tindakan Kelas). Tesis PPS UNIMED. Tidak diterbitkan. Fahmi, U.2018. Belajar Asyik dengan Pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share. http://www.jawapos.co.id. (Diakses 10 September 2009) Faiq,M.(2019), Penelitian Tindakan Kelas (Teori Vygotsky), http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2009/03/teori-vygotsky.html (Diakses 24 April 2010) Frebianti, P. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa Madrasah Aliyah dengan menggunakan Strategi Heuristic Vee. Skripsi FP MIPA UPI. Tidak diterbitkan. Hamalik, O. 2021.Proses Belajar Mengajar; Jakarta: PT. Bumi Aksara Herawati. 2017.Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII E SMP N 14 Tegal dalam Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier dua Variabel .http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect//skripsi/archives/HASH118d/7057d637.dir/doc.pdf. Johnsen (2017),Kurikulum untuk pluralitas kebutuhan belajar individual,http://www.idp
https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/index
JMES (Journal Mathematics Education Sigma) 53 e-ISSN: 2720-9385
europe.org/docs/uio_upi_inclusion_book/15-Kurikulum.php(Diakses 24 April 2010) Kunandar, M.Si, 2018. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada. Laila, S. 2019. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bandung. Bandung : Tidak diterbitkan Lie, A. 2018. Cooperative Learning. Jakarta : PT. Grasindo. Maharani, A. Inventarisasi Keyakinan Motivasi dan Self Regulated Learning sebagai Petunjuk Metode Pengajaran dan Prilaku Lainnya. http://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009/09/vol-4no-2-anita-maharani.pdf. Mayasari, F. 2018.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berpikir-Berpasangan Berempat untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematik.http://anya-blackheart.blogspot.com/2009/02/pembelajaran-kooperatif-tipe-tpsuntuk.html.(Diakses 15 April 2009) MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika, Tim, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Tidak diterbitkan. Mukhid,A. 2019. Strategi Self-Regulated-Learning Perspektif Teoritik. http://pakmukhid.blogspot.com/2009/02/strategi-self-regulated-learning.html. (Diakses 24 Agustus 2010) Munadi, Y. 2018.Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru, Jakarta : Gaung Persada press Septriana. 2019. Penerapan strategi Think-Pair-Share dalam Pembelajaran Kooperatif untuk meningkatkan Prestasi belajar Geografi. http://jurnaljpi.wordpress.com/2007/11/14/ninaseptriana-dan-budi-handoyo/ Sudijono, A , 2020.Pengantar evaluasi pendidikan . Jakarta: PT Raja grafindo persada Sudijono, A . 2020. Pengantar Statistikpendidikan.Jakarta: PT Raja grafindo persada Sumarmo, U. Kemandirian Belajar, Apa Mengapa dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik.http://math.sps.upi.edu/?p=61 (Diakses 24 Agustus 2010) Susanto, H. 2019. Mengembangkan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan keberhasilan Akademik Siswa.www.undip.ac.id Tim Pembinaan dan Penataran. Model Pembelajaran Kooperatif. http://www.docstoc.com. (Diakses 15 April 2009) Turmudi, Ph.D, 2018. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif), Jakarta : PT Leuser Cita Pustaka. Wena, M, 2018.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer,Jakarta : PT Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.