Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Dwindi Yana Avrianda, Putri Maisyarah Ammy

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis menerapkan model Problem BasedLearning(PBL). Subyekadalah siswa VIII-8 SMPNegeri 18 Medan sebanyak 32 siswa. Objek kajiannya adalah kemampuan berpikir kritis.Pengumpulandataberupatesdanobservasiyang diolah melalui analisis statistik deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan fase 2 siklus. Siklus I didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih belum maksimal sebab sebanyak 2 siswa atau 6,25% dengan kategori sangat rendah, 18 siswa (56,25%) kategori rendah, 9 siswa (28,125%) kategori sedang dan 3 siswa (9,375%) dalam kategori tinggi. pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 9 siswa kategori sedang dengan persentase 28,12% dan 23 siswa dengan kategori tinggi atau dengan persentase 71,87%. Oleh karena itu, penerapan model Problem Based Learning (PBL) signifikan untuk meningkatkan kemampuan berpikirkritissiswa.


Keywords


Kemampuan BerpikirKritis, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Facione.(2015). CriticalThinking :WhatIsandWhy ItCounts. InsightAssesment Hasratuddin.(2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 19 – 33. https://doi.org/10.22342/jpm.4.2.317. Nurlita, Adelina & Izwita. Dewi. (2022). Penerapan Problem-Based-Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.A. 2022/2023. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2067 Nuryanti, Lilis; Siti. Z., & Markus. D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis SiswaSMP.Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155 – 158. 562– 579. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490 Normaya, Karim. 2015. Ketuntasan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME).JurnalIlmiahDidaktika,13(2):92–104 Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based LearningItu Perlu. Bogor: GhaliaIndonesia. Sari, Yunita., Surya, E., & Asmin. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika,12(1), 90 – 99.https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i2.22892 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Susilowati, Sajidan Ramli. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan SAINS. 223-231.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.