UPAYA PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENGGUNAKAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN MELALUI SUPERVISI KLINIS

Nursaima MM

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dapat meningkatkan kompetensi guru ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru peralatan perkantoran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru berupa tes dan observasi. Tes diberikan sebanyak 20 item, observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Sebagai indikator ketuntasan pembelajaran ditetapkan 75% guru memperoleh 75. Dari siklus I hasil pembelajaran tidak memenuhi standar ketuntasan pembelajaran minimal yaitu hanya memperoleh nilai rata-rata 60,00, dan siklus II hasil pembelajaran juga belum tuntas yaitu memperoleh nilai rata-rata 75,40, sehingga dilakukan siklus III. Di dalam siklus III hasil pembelajaran meningkat bahkan lebih besar dari standar ketuntasan pembelajaran yaitu dengan nilai rata-rata 83,40. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil pembelajaran setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada siklus I, II, dan siklus III. Jadi dapat disimpulkan bahwa Upaya peningkatan Kompetensi Guru dengan Menggunakan Media Teknik Informasi dan Komunikasi pada Mata Pelajaran Peralatan Kantor tahun ajaran 2019/2020 dapat meningkat. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media.


Keywords


Kompetensi Guru, TIK, Supervisi Klinis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, 2008.Penelitian Tindakan sekolah. Jakarta : Bumi Aksara Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja grafindo Persada Departemen Pendidikan dan Budaya. 1982.Pengetahuan Mesin-mesin Kantor.Bandung: Serajaya Kumandar, S.Pd, M.Si. 2005. Kompetensi Guru. Jakarta : Mulyasa Hamzah, H, Uno, B. 2008. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara Hartono, Agus Budi. Skripsi. Pengaruh Media Pembelajaran Yang Efektif di Sekolah . http://www.google.com(05 Februari 2010) Indrajit, Richardus Eko. Makalah. Peranan Strategis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikanhttp://blogeko.com/index.php/home/artikel/5/0.(17 Maret 2010)Kusuma, Wijaya. Makalah Aplikasi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah. Htt://edukasi.kompasiana.com/2010/01/10/aplikasi-danpotensi-tik-dalam-Pembelajaran/ (20Februari 2010) Muchtinah, sri ety-2006. Menggunakan Peralatan Kantor. Bekasi: Swadaya Murni Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Bandung: Alfabeta Prawiradilaga, Dewi Salwa dan Eveline. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan Jakarta: Fajar Interpratama. Sadiman, Arif S (dkk). 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemamfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Sudjana, Nana. 1990.Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung PT. Remaja Rosdikarya Sutikno, Sobry. 2009.Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Prospect Thorndike. 2009.Psikologi Pendidikan. Ciputat: Penerbit Gaung Persada.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.