UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DASAR SURATMENYURAT DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Nursaima MM

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru dasar surat-menyurat dalam menggunakan strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dasar surat-menyurat dengan menggunakan strategi pembelajaran bermain peran di SMK Swasta Budisatrya Medan.Instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru berupa tes dan observasi. Tes diberikan sebanyak 20 item, observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Sebagai indikator ketuntasan pembelajaran ditetapkan 75% guru memperoleh 75. Dari siklus I hasil pembelajaran tidak memenuhi standar ketuntasan pembelajaran minimal yaitu hanya memperoleh nilai rata-rata 67,4 % atau 50% tuntas dan siklus II hasil pembelajaran juga belum tuntas yaitu memperoleh nilai rata-rata 67,4 atau tuntas 70%, sehingga dilakukan siklus III. Di dalam siklus III hasil pembelajaran meningkat bahkan lebih besar dari standar ketuntasan pembelajaran yaitu dengan nilai rata-rata 81,7 atau tuntas 100%. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil pembelajaran setelah menggunakan strategi pembelajaran bermain peran pada siklus I, II, dan siklus III. Jadi dapat disimpulkan bahwa Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dasar Surat-Menyurat Dalam Menggunakan Strategi Pembelajaran Bermain Peran (Role playing) melalui supervisi akademik di SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 20192020 dapat meningkat. Hal ini berarti bahwa strategi pembelajaran bermain peran dapat digunakan sebagai salah satu peningkatan proses pembelajaran.


Keywords


Kompetensi Guru, Model Role Playing, Supervisi Akademik

Full Text:

PDF

References


Alam, 2004.Akuntansi SMA Untuk Kelas XI. Jakarta : Erlangga Anni, Catharina T dkk. 2007.Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press Amin. Strategi Pembelajaran.http:www.google.com(2 Desember. 2009) Ansari, Bansu Irianto. (2003). Pengaruh Pembelajaran dengan strategi model pembelajaran bermain peran (Role Playing) dalam upaya Menumbuhkan Kembangkan Kemampuan Berkomunikasi Administrasi Siswa SMUN 1 Bandung. Skripsi (online). Bandung : UPI Arcnawa. Strategi Pembelajaran.http;//one.com/node/2009(9 Desember. 2009) Arkunto, S, 2003,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi aksara, Jakarta. Aqib, Zainal, 2006.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta Darmadi Hamid, 2009KemampuanMengajar Dasar. Bandung : Alfabeta Dicki and Carey, 1990 The systematic Design of Intruction. Dalam Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo Fauziah, Suci. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Terhadap hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Negeri 7 Medan. Sikripsi . Hamalik, Oemar. 2007.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hodoyo. Srategi Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) http://www:mtsd.K12.wi.u/MTSD/distric/ela.curiculum.03/writing/think talk write.html, (2 Desember. 2009) Mager. 1997. The sequency of Intruction Theory. Dalam Uno, hamzah B.2008. Model Pembelajaran Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara. Putra.2006. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Komunikasi Dengan Strategi Model pembelajaran Bermain Peran Dalam upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Komunikasi IPS Siswa Kelas VIII G SMP N 2 Singaraja. http://getskripsi.com/page/77/(7 Juli 20..........0) Slameto. 2005Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher Yamin, martinis dan Bansu I. Ansari 2008, Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : GP. Press. Tim Administrasi Perkantoran. 2007.Melakukan Prosedur Administrasi. Sukabumi: Yudhistira.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.