Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Chairul Fatharani, Irvan Irvan, Zainal Azis

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan koneksi matematis siswa serta interaksi antara kemampuan matematika awal dan model pembelajaran terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa SMP Darussalam Medan Instrumen yang digunakan: (1) tes kemampuan matematika awal siswa, (2) tes kemampuan koneksi matematis siswa dengan materi Teorema Phytagoras. Data inferensial dilakukan dengan menggunakan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari kedua model pembelajaran Problem Based LearningdanDiscovery Learningmemiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. (2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematis siswa siswa yang diajar dengan menggunakan model discovery learning. (3) Kemampuan awal matematika dan model pembelajaran memiliki interaksi yang baik dalam proses pembelajaran.


Keywords


Problem Based Learning dan Discovery Learning, Kemampuan Koneksi Matematis

Full Text:

PDF

References


Anita, Ika Wahyu.2014. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity,Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.1, Februari 2014.

Apriyono, Fikri.2016. Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Jurnal “Mosharafa”, Volume 5, Nomor 2, Mei 2016 159,ISSN 2086 4280.

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Bakhril, Moh. Saiful dan Kartonoa Dewi N.2019.Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning.ISSN 2613-9189. PRISMA 2 (2019) : 754-758. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.

Bell, Frederick H.1978. Teaching and Learning Mathematics in Secondary School. (Cetakan kedua). Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown Company Publishers.

Fitri, Mariza.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Inpafi Vol. 3, No. 2, Mei 2015.

Hosnan. 2014. Pendekatan Scientific dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

Jaya,Wicaksana Dkk.2014 Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Berbasis Koneksi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matemtik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha:Vol : 2 N0 : 1.

Karim dan Sumartono.2015.Kemampuan Mahasiswa Membuat Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. ISSN 24423041.Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 2, Mei -Agustus 2015.

Komalasari, Kokom.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Segiempat).Skripsi.Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Muhsin, Johar, R., Nurlaelah, E.2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual.Jurnal Peluang, Volume 2, Nomor 1, Oktober 2013, ISSN: 2302-5158.

NCTM.2000.Principle and Standards for School Mathematic. Virginia : NCTM.

Ni’mah, A. F. 2013.Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi 2017, IV(1): 30-33.

Nursaniah,Luthfia Dkk.2018.Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI. Volume 1, No. 5,September 2018 pp 857862.

Rahman, Abdur As’ari.2017.Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VIII.Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Riani, Puspa Nasution.2017. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Konvensional Di SMPN 4 Padang Sidimpuan. Paidagogeo Vol.2 No.1–Januari 2017 [ISSN 2527-9696] Hlm 46–62.

Rajagukguk, Waminton. 2011. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Belajar Bruner Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas X Sma Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan T.A. 2009/2010.VISI (2011) 19 (1) 427-442,0853-0203, 429.

Rosidah, Cholifah Tur.2018. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inventa Vol II. No 1 Maret 2018.ISSN 2598-6244.

Roestiyah N.K. 2008.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rubianti, Tati, dkk.2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kelas V. Journal of Elementary Education. Volume 02 Nomor 02, Maret 2019, E-ISSN:26144093, P-ISSN:2614-4085.

Sari, Putri Iman, Gunawan dan Ahmad Harjono.2016. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi(ISSN. 2407-6902).Volume II No 4, Oktober 2016.

Saroh, Umay.2016. Dampak Problem Based Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP.Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiani, Ani.2018.Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setiawati, Diah. 2013. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Siswa Antara Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA,Vol 6 Nomor 1, hal 1-13.

Sugiman.2008.Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama.Pyhtagoras 66Vol. 4, No. 1, Juni 2008: 56.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utari & Yanto Permana.2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist. 1(2), 116-123.

Surya, E., dan Syahputra, E. 2017. Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on the Learning Mathematics for Senior High School Students.International Education Studies.

Susanty, Arina.2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Nctm Siswa SMA Kelas X IPA Pada Materi Eksponen Dan Logaritma. ISSN: 2614-6754 (print) ISSN:2614-3097(online) Volume 2 Nomor 4 Tahun 2018 Halaman 870-876.

Syah, M.2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syahputra, Edi. 2016. Statistika Terapan Untuk Quasi dan Pure Experiment. Medan: UNIMED PRESS.

Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta : Diva Press.

Tanjung, D., Syahputra, E., dan Irvan. 2020. Problem Based Learning, Discovery Learning, and Open Ended Models: An experiment On Mathematical Problem Solving Ability. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika).

Triana, R., dan Azis, Z.2021. The Effect of the Application of Discovery Learning and Problem Based Learning Model on Metacognitive Ability and Students' Mathematical Connections. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science.

Trianto. 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inivatif-Prograsif: Jakarta: Kencana.

______. 2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif –Progesif.Jakarta : Bumi Aksara.

Wardani, Ema Dwi.2015.Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SMP Melalui StrategiDiscovery Learning.Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Warsono dan Harianto. 2013.Pembelajaran Aktif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Widarti, Arif.2012.Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa.Jurnal STKIP Jombang.

Wulandari, Bekti.2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Plc Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2, Juni 2013. Yuliana, Winda.2019. Penilaian Self Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perspektif Gender.Jurnal Matematika dan Pembelajaran pISSN:2354-6883 ; e-ISSN: 2581-172X Volume 7 No 1, June 2019 (41-60).




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i1.18579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.