Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Yulia Anita Siregar, Ainun Mardiyah Lubis, Eli Marlina Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan metode tutor sebaya pada pokok bahasan peluang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB Pesantren Mardhotillah di Desa tanomaponggol yang terdiri dari 28 orang siswa perempuan. Persentase tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I adalah 42,85% menjadi 82,14% pada siklus II dan jumlah persentase peningkatan tes kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 39%. Aktivitas siswa dalam belajar meningkat, hal ini diperoleh dari persentase 8,31% pada siklus I dan 9,72% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 1,14%. Aktivitas guru dalam mengelola kelas dengan perolehan persentase sebesar 78,76% pada siklus I dan 98,87% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 20,11%. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan peluang di kelas VIIB Pesantren Mardhotillah Desa Tanomaponggol.


Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,Tutor Sebaya

Full Text:

PDF

References


Al-Hebaishi, S. M. (2017). The Effect of Peer Instruction Method on Pre-Service Teachers’ Conceptual Comprehension of Methodology Course. Journal of Education and Learning,6(3), 70–82.

Anggraeni, N. S., & Sundayana, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Team Quiz Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,1(3), 469–480.

Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 1–16.

Castle, S., & Arends, R. I. (1992). The Practice of Teaching: Cooperative Learning.

ELISA, N. U. R. (2022). PENGARUH PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR. Universitas Muhammadiyah Malang.

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal…, 1 (1), 183–196.

Nurmalasari, D., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Analitis Matematis dan Pemecahan Masalah Mahasiswa.JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika),7(1), 95–106.

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat.Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 17–32.

Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 125–134.

Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA,9(2), 1–10.

Siregar, Y. A., Napitupulu, E. E., & Mukhtar, M. (n.d.). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Self-efficacy Siswa SMA melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-share-listen-create. PARADIKMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 10(1).

Simamora, N. R., Salayan, M., Karnasih, I., & Dachi, S. W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis CTL Berbantuan ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Terhadap Siswa SMK Swasta Smart School IT.JURNAL CURERE,4(2), 66-77.

Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,1(2),373–384.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i1.18582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.