Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Nur' Afifah, Tua Halomoan Harahap, Surya Wisada Dachi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis Discovery Learning materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dikelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan, mengetahuikevalidan bahan ajarserta keefektifan yang diketahui dari hasil Uji coba lapangan kepada peserta didik melalui LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitianResearch and Delopment (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan dan peneliti mengembangkan LKPD berbasis model discovery learning. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan. Tingkat kevalidan LKPD berbasis Discovery Learningantaralain: a)Validator dari duaahli materi memperoleh presentasi 87%dengankategori“valid tanpa revisi”,b)Validator ahli media memperoleh presentasi 93% dengan kategori “valid tanpa revisi”. Penilaian keefektifan LKPD berbasis Discovery Learning melalui Uji Efektifitas kepada peserta didikmemperolehhasil perhitungan Uji N-Gain Score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score adalah sebesar 0.67 termasuk dalam katagori ‘sedang’. Dengan nilai NGain score minimal 0.39 dan nilai N-Gain maksimal 1.00. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Discovey Learning efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).


Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik, Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Aini, Nur Aisyah, 2019, Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pelajaran IPA Materi Gaya, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.10, No.1.

Anggraini, Anggraini, 2016, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA: Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol3, No.1.

Antonia, dkk, (2019), Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Discovery Learning pada Materi Aritmatika Sosial, vol 2.

Arifin, Zainal, 1991, Evaluasi Instruksional, Bandung: Remaja Rosda Karya. Asnaini dan Mahidin, (2016), Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 04, No. 02.

Azizahwati dan Ruhizan, Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Kearifan Lokal, Jurnal Geliga Sains Vol. 5 No 1, 65-69, 2017.

Dachi, S. W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial,3(1).

Dachi, S. W. (2018). Pengaruh Penggunaan Multimedia Power Pointt Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science,4(1), 101-105.

Depdiknas, (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dwita dan Rudy, Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sesuai Kurikulum 2013, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), ISSN: 2302-4496, Vol. 06, No. 03, September 2017, 231-236.

Dyah, dkk, 2013, Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis Sma Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012 / 2013‟, Radiasi, 3.1 (2013).

Eka dan Yolan, (2020), Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning Materi Program Linier kelas XI, vol. 1 no.1.

Firmansyah, Dani, 2015, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Beajar Terhadap Hasil belajar Mateatika, JurnalPendidikan Unsika, Vol.3, No.1.

Fransisca, (2018), Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Meningkatkan Hail Belajar Sesuai Model Aptitude Treatment Interaction Pada Materi Fluidainamis : Prosiding SNFA.

Herdiansyah, Kiki, Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Matematika (Studi pada Kelas X SMAN 1 Kibang Lampung Timur), “Tesis”, Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2017.

Rahmania Triannisa, Rahmania, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII MTS, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.3 No 5 Tahun 2016 ISSN: 2301-9085.

Rangkuti, Ahmad Nizar, (2016), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Cipta pustaka Media.

Rosanti, Diana, 2013, Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Dengan Pendekatan Saintifik Memfasilitasi Kemampuan Problem Solving Peserta didiki , Kalimantan: Universitas Tanjungpura).

Rozaliafransi, 2015, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Dunia Tumbuhan, (Rian: Universitas Riau, Indonesia).

Salmi, 2019, Penerapan Model Pebelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang, Jurnal Profit, Vol.6, No.1.

Sudijono, Anas, 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. Chabib 1996, Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana.

Trianto, 2018, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widjayanti, 2008, Media Lembar Kerja Peserta Didik, (Jakarta, Ciputat). Widoyoko, 2009, Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widya dan Rini, (2016), “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta didik SMP”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang, Volume 1 Nomor 2.

Yuliana, Nabila, Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning alam Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Di Sekolah Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, PPs.Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i1.18583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.