PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (TEACHING ENGLISH FOR SPECIAL PURPOSES) MENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN ISTILAH MATEMATIKA DASAR (BASIC MATHEMATICS TERMS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER SATU FKIP UMSU

Habib Syukri Nasution, Zainal Azis

Abstract


Salah satu kompetensi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) adalah kompetensi kebahasaan, artinya seluruh alumni diharapkan mampu berbahasa Inggris dibidang pekerjaan masing-masing. Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, bahasa Inggris selalu dimasukkan sebagai salah satu mata kuliah di jurusan diluar jurusan pendidikan bahasa Inggris. Program studi pendidikan Matematika, adalah salah satu prodi di FKIP UMSU, yang mana mahasiswa semester I memperoleh mata kuliah bahasa Inggris untuk Matematika. Pembelajaran bahasa Inggris untuk mahasiswa pendidikan Matematika adalah salah satu pembelajaran yang mempunyai tujuantujuan khusus, yakni untuk melatih mahasiswa pendidikan Matematika untuk dapat menggunakan bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan istilah-istilah Matematika. Materi tentang istilahistilah Matematika dasar (Basic Mathematics Terms) adalah salah satu topik yang harus dikuasai mahasiswa, untuk dapat menggunakan istilah matematika dasar tersebut dalam bahasa Inggris. Disini, peneliti menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk dapat membelajarkan mahasiswa tersebut dalam pembelajaran English for Special Purposes (ESP). Pembelajaran ini dilakukan pada Mahasiswa semester I, T.P. 2023 – 2024. Hasil penelitian pada siklus pertama dan siklus kedua menunjukan adanya peningkatan kualitas perkuliahan pada pembelajaran matematika berbahasa Inggris melaluiCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hal ini ditunjukkan oleh tumbuhnya rasa percaya diri mahasiswa dengan semakinmeningkatnya kemampuan mahasiswa berkomunikasi bahasa Inggris dalam pembelajaran matematika dan peningkatan kemampuan matematikmahasiswa melalui CIRC.

Keywords


Bahasa Inggris, Matematika, ESP, CIRC, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amin, Z. & Eng, K.H. (2006) Basics in Medical Education. Singapore: World Scientific PublishingCo.Pte.Ltd.

Arikunto,Suharsimi,dkk.2008.PenelitianTindakan Kelas.Jakarta:Bumi AksaraCipta.

Asma,Nur.2006.Model Pembelajaran Kooperatif.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi Direktorat Ketenagaan.

Biggs, J. (2006) Teaching for Quality Learning at University. 2nd ed. SRHE and Open University Press Imprint.

Gagné, R.M., Biggs, L.J. & Wager,W.W. (1992).Principles of Instructional Design. Florida: Harcout Brace Javanovich Publisher.

Kalabasis, & F.Stathopoulou, C. 2007. Language and Culture in Mathematics. Education: Reflections on Observing A.Romany Class in a Greek School, Educational Sudies in Mathematics.64.

Kastaredja, S. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris. htpp://researchengine.com/suhanto.ht ml.

Kaur, A. 2006.Design Considerations for an On-Line Course-A Case Study in Malaysia./kursus-freeonline-pdf.html.

Lorenzo, F., Casal, S. & Moore, P. 2009. The Effect of Content and Language Integrated Learningin Europen Education:Key Findings from the Andalusian.

M. Ansyar & R.K. Sembiring. 2000.Hakekat pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi.Jakarta:Universitas Terbuka.

Ramsden, P. (2006) Learning to Teach in Higher Education. 2nd Ed. New York: Routledge Falmer.

Slameto. 2003.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman,Erman.2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAKEM.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Yamin, Martinis. 2004. Mengembangkan Kompetisi Pebelajar. Jakarta: Universitas Indonesia(UI Press).




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i1.18584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.