ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI MATRIKS

Noveranza Habiyanti Said Siregar, Sri Dewi Rahmah Saragih, Bayu Gunarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matriks. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIMIPA 3di SMA Negeri2 Kisaransebanyak35siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematis dalam memahami masalah dan menyajikan pernyataan matematika secara tertulis (Interpretation) sebesar 81,90%; kemampuan dalam menganalisis informasi soal dan membuat model matematika dengan tepat dan memberi penjelasan dengan tepat (Analysis) sebesar 94,28%; kemampuan dalam mengikuti langkahlangkah penyelesaian soal dan melakukan perhitungan dengan tepat (Evaluation) sebesar 87,61; kemampuan dalam membuat kesimpulan pertanyaan dengan tepat berdasarkan hasil penyelesaian (Inference) sebesar 72,38%. Rerata kemampuan penalaran matematis siswa mencapai 84,04% yang tergolong sangat baik.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Matriks

Full Text:

PDF

References


Adhabi, E. A. R., & Anozie, C. B. L. (2017). Literature Review for The Type of Interview in Qualitative Research.International Journal of Education. Vol 9 (3).

Facione, P., A. (2015).Critical Thinking: What It IsandWhy It Counts. Insight Assessment.

Facione, P., A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts 2020 Update. In Insight Assessment.

Faiziyah, Nuqty & Bagas Legawo Priyambodho. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Metakognisi Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 11 (4).

Ismaimuza, D. (2011). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2 (1).

Johnson, Elaine B. (2017). Contextual Teaching an Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung:Mizan Learning Center.

Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 (1): 92-104.

Kurz, T., Gomez, C., & Jimenez-Silva, M. (2017). Guiding Preservice Teachers to Adapt Mathematics Word Problems Through Word Interactions with ELLs. Journal of Urban Mathematics Education. Vol 10 (1): 32-51.

Liberna, (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.Vol. 2 (3):190-193.

Melanie G. Gurat, & Medula, C. T. (2016). Metacognitive Strategy Knowledge Use through Mathematical Problem Solving amongst Pre-service Teachers. American Journal of Educational Research. Vol 4 (2).

Munira, Siti. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas IV Min 25 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Setyowati, A. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan FisikaIndonesia. Vol 7: 89-96.

Sharma, S. (2013). Qualitative Approaches in Mathematics Education Research: Challenges and Possible Solutions.Education Journal. Vol 2 (2).

Sholihah, Dyahsih Alin dan Ali Mahmudi. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol 2 (2).

Sihotang, Kasdin. (2018). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius.

Yustika, Y., & Yarman, Y. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Edukasi Dan Penelitian. Vol8:116–121.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i1.18811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.