ANALISIS BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP/MTs MELALUI PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING

Susanti ., Zainal Abidin, Mirda .

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir yang sangat dibutuhkan karena mendukung kreativitas melalui refleksi diri, serta memandu jalan hidup dan pengambilan keputusan. Namun pada kenyataannya, kemampuan matematika siswa masih sangat rendah khususnya kemampuan berpikir kritis matematis, sehingga memerlukan bantuan dengan menggunakan scaffolding Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan cara siswa SMP/MTs menggunakan strategi scaffolding untuk berpikir kritis matematis. Subjek dalam penelitian ini merupakan salah satu siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis sangat rendah. Siswatersebut kemudian diberikan tes yang memerlukan kemampuan berpikir kritis dalam proses penyelesaiannya dan kemudian subjek diamati selama mengerjakan tugas dan diwawancarai secara mendalam untuk memperjelas kemampuan berpikir ktitis siswa, serta memberikan tiga strategi scaffolding sebagai alat bantu keterampilan berpikir kritis siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang berada dalam kategori kritis yang sangat rendah pada awalnya, dengan skor 18,75, telah meningkat menjadi skor 62,5 setelah diberikan scaffolding. Dengan kata lain, subjek telah naik satu tingkat dari kategori kritis yang sangat rendah ke kategori kritis yang rendah. Scaffolding dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis subjek MR, jadi scaffolding dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.


Keywords


Berpikir Kritis Matematis, Scaffolding

Full Text:

PDF

References


Agustina, R. (2017). THE USE OF SCAFFOLDING TO TRAIN STUDENTS’SKILLS IN SOLVING PISA’S PROBLEM (PROGRAMME INTERNATIONALE FOR STUDENT ASSESSMENT) INVOLVING HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS). MATHEdunesa, 6(3).

Aksu, G., & Koruklu, N. (2015). Determination the Effects of Vocational High School Students' Logical and Critical Thinking Skills on Mathematics Success. Eurasian Journal of Educational Research, 59, 181-206.

Arianto, K. (2021). Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah dengan Pemberian Scaffolding. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 5(2), 112-127.

Bakker, A., Smit, J., & Wegerif, R. (2015). Scaffolding and dialogic teaching in mathematics education: Introduction and review. Zdm, 47, 1047-1065.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2002). Research methods in education. routledge.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts, 2015. URL: https://www. researchgate. net/publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_t_Counts (дата звернення: 29.03. 2021).

Hendryawan, S., Yusuf, Y., & Wachyar, T. Y. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir KritisMatematis Siswa Smp Tingkat Rendah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Green’s Motivational Strategies. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 50-58.

Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas Xi Sma Negeri 10 Ambon. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura (pp. 21-24).

Kusaeri, K., & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about critical thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573-590.

Kusmaryono, I., Gufron, A. M., & Rusdiantoro, A. (2020). Effectiveness of scaffolding strategies in learning against decrease in mathematics anxiety level. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13-22.

Lukito, A. (2018). Critical thinking skills of junior high school female students with high mathematical skills in solving contextual and formal mathematical problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 953, No. 1, p. 012205). IOP Publishing.

Maksić, S., & Jošić, S. (2021). Scaffolding the development of creativity from the students’ perspective. Thinking Skills and Creativity, 41, 100835.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd.

Nabila, F. M., Gani, A., & Habibati, H. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1310-1316.

Oktiningrum, W., & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-" Like" Mathematics Task with Indonesia Natural and Cultural Heritage as Context to Assess Students Mathematical Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1-10.

Pangasta, D. G. D., Cahyono, H., & Jamil, A. F. (2022, July). Analisis Peran Scaffolding dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kerangka Teori APOS. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya (SNMP) (Vol. 1, pp. 284-294).

Prabawanto, S. (2018, May). The enhancement of students' mathematical self-efficacy through teaching with metacognitive scaffolding approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Shamboul, H. A. E. (2022). The importance of critical thinking on teaching learning process. Open Journal of Social Sciences, 10(1), 29-35.

Suparman, D. J., & Tamur, M. (2021). Problem-based learning for mathematical critical thinking skills: A meta-analysis. Journal of Hunan University Natural Sciences, 48(2).

Triyanti, P. L., Noer, S. H., & Sutiarso, S. (2021). Scaffolding Based Treffinger To Improve Students' Critical Thinking Skills. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 414-421.

Turan, U., Fidan, Y., & Yıldıran, C. (2019). Critical thinking as a qualified decision making tool. Journal of History Culture and Art Research, 8(4), 1-18.

Van de Pol, J., Volman, M., & Beishuizen, J. (2010). Scaffolding in teacher–student interaction: A decade of research. Educational psychology review, 22, 271-296.

Zheng, L., Li, X., Zhang, X., & Sun, W. (2019). The effects of group metacognitive scaffolding on group metacognitive behaviors, group performance, and cognitive load in computersupported collaborative learning. The Internet and Higher Education, 42, 13-24.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i2.19619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.