Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah peserta didik kurang dalam pemahaman konsep, kemampuan guru dalam pengelolaan kelas untuk peserta didik aktif daalam pembelajaran dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Untuk mengatasi permasalann pemehama konsep dan keaktifan peserta didik diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adaah untuk meningkatkan pemahaman kosep peserta didik dan meningkatkan keaktifan peserta didik. Dengan implementasi Model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII-7 UPT SMP Negeri 16 Medan. Jenis penelitian adalah Penenlitian tidandakan Kelas, dimana peningkatan pemahaman konsep peserta didik, Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat setealah diterapkannya dengan model pembelajaran based learning dimana peningkatannya dapat dilihat dari hasil tes yang sudah dipersentasekan peingkatannya, peningkatannya terjaadi sekkitar 19.78 % darri siklus 1 ke siklus 2. Keaktifan peserta didik meningkat sejak dilakukannya model pembelajaran problem based learning dilihat dari aktivitas peserta didik yang dilakukan observasi langsung oleh guru.
Keywords
Full Text:
PDF (54-60) (Bahasa Indonesia)References
Agustina (Dwi JS (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: sebuah kajian literature. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 72. Jakarta: Griya:
Dachi, S.W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 4 (2)
Batubara, I.H., Saragih, S., Simamora, E., Napitupulu, E.E., & Sari, I.P. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024-1037
Dwi JS (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: sebuah kajian literature. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 72. Jakarta
Manurung, A.A., Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Interaktif Pada Keterampilan Komunikasi Matematis Untuk Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 19-27
Dwi Rahdiyanta (2012) PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik PTK
Dachi, S.W., & Batubara, I.H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Student’s Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 174-177
Fajar dkk (Nur A.F 2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIJUNJUNG. Theorema: The Journal Education of Mathematics. 4(1).
Rahmatika, A., Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2022). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA ATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal EduTech Vol 8 (2)
Muchlisin R (2019). Penelitian Tindakan kelas (PTK). Kajian Pustaka
Dachi, S.W. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia power pointt terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika fkip umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4 (1), 101-105
Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S., & Siregar, E.F.S. (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 854-859
Ndiung & Jediut (Nur A.F 2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIJUNJUNG. Theorema: The Journal Education of Mathematics. 4(1)
Dachi, S.W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1)
Rahayu, dkk (Suginem. 2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Meta Edukasi. 3(1). 33. DOI: 10.37058/metaedukasi.v3i1.3254
Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TERBIMBING METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 28-35
Riduwan A. (Suginem. 2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Meta Edukasi. 3(1). 33. DOI: 10.37058/metaedukasi.v3i1.3254
Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2021). Penggunaan software geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-406
Saptono dalam Hengki Nurhuda (Ernawati) 2023. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inovatif Project Based Learning (PjBL). Social, Humanities, and Education Studies
Dachi, S.W., & Rezeki, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education 5 (2), 4644-4653
Siti F, dkk (2021). PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 9(2).192
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.19760
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.