Penerapan Model Pembelajaran Project Based learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD Negeri Tingkir Lor 02 Tahun 2023-2024
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajraan PjBL dalam peningkatan hasil belajar dan juga keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri Tingkir Lor 02 yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Model ini menekankan pemecahan masalah mengenai cara meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa terkhusus pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes dalam pengumpulan datanya. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini menggunakan angket keaktifan dan butir soal uraian. Teknik analis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian pada kegiatan Siklus I di peroleh hasil presentase keaktifan sebanyak 64,02% dan presentase hasil belajar 34,48%. Pada Siklus II diperoleh hasil keaktifan belajar 76,89% dengan kategori sangat aktif dan presentasi hasil belajar sebanyak 68,96%. Dari data tersebut diperoleh hasil keaktifan belajar siswa mengalami kenaikan sebanyak 12,87% dan hasil belajar 34,48%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran poject based learning dapat mempengaruhi kenaikan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri Tingkir Lor 02. Saran dalam penelitian ini yaitu penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan kepada pendidik untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning.
Kata kunci: Project Based Learning, Keaktifan, dan Hasil Belajar
Keywords
Full Text:
PDF (11-20) (Bahasa Indonesia)References
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Aziz, S. A., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 67–74. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.273
Dachi, S.W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 4 (2)
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Cahyaningsih, R. N., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014 Batubara, I.H., Saragih, S., Simamora, E., Napitupulu, E.E., & Sari, I.P. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute- Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024-1037
Dharmayani, N. K. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Membuat Jamu dan Boreh/Lulur Perawatan Badan. Journal of Education Action Research, 5(2), 216–221. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33375
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Manurung, A.A., Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Interaktif Pada Keterampilan Komunikasi Matematis Untuk Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 19-27
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468
Nasrudin, Juhana. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku Ajar Praktis Cara Membuat Penelitian. Bandung: PT. Panca Terra Firma. nasrudin.pdf. (n.d.).
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Dachi, S.W., & Batubara, I.H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Student’s Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 174-177
Primartadi, A., Suyitno, S., Widiyatmoko, W., Kurniawan, A., & Efendi, Y. (2022). Meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan metode project based learning. Taman Vokasi, 10(2), 173–179. https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i2.13470
Rahmatika, A., Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2022). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA ATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal EduTech Vol 8 (2)
Puji Utami, R. (2022). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4308
Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2021). Penggunaan software geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-406
Dachi, S.W. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia power pointt terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika fkip umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4 (1), 101-105
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V a Semester Ii Bagi Siswa Sd Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764
Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas. Khazanah Pendidikan, 17(1), 186. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16091
Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S., & Siregar, E.F.S. (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 854-859
Dachi, S.W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1)
Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TERBIMBING METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 28-35
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632
Yuliyanti, R., Julianto, & Yeni, W. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN SIDOREJO KRIAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 126–150.
Dachi, S.W., & Rezeki, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education 5 (2), 4644-4653
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.19827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.