PENINGKATAN KONEKSI MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING

Army Hiskia Lumbanraja, Putri Maisyarah Ammy, Syafitri Nasution

Abstract


Rendahnya kemampuan koneksi matematis peserta didik disebabkan oleh kurangnya keaktifan daya berpikir peserta didik sehingga kesulitan dalam mengkoneksikan antarkonsep dalam matematika, kesulitan menuliskan model matematika masalah kehidupan sehari-hari, dan kesulitan dalam menggunakan konsep yang akan dipakai jika dihadapkan pada masalah-masalah di luar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan koneksi matematika peserta didik melalui model pembelajaran Problem-Based Learning pada peserta didik kelas VIII-5 UPT SMP Negeri 16 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah kelas VIII-5 berjumlah 33 orang yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik Perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan terhadap tindakan dan refleksi terhadap Tindakan sedangkan, prosedur penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini meliputi;dialog awal, perencanaan tindakan kelas, pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi, evaluasi dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan koneksi matematika dengan indikator: 1) peserta didik mampu mengenali hubungan-hubungan antara gagasan dalam matematika sebelum tindakan 21,21%, pada siklus I 33.33% dan pada siklus II 51.51%. 2) peserta didik mampu memahami gagasan-gagasan matematika yang saling berhubungan sebelum tindakan 48,48%, pada siklus I 57,57% dan pada siklus II 66,66%. 3) peserta didik mampu menerapkan gagasan-gagasan matematika sebelum tindakan 27,27%, pada siklus I 36,36% dan pada siklus II 5748.48%.


Keywords


Koneksi Matematika; Problem-Based Learning, Culurally Responsive Teaching

References


Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622.

Hazanah, & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4).

Indonesia, P. R. (2021). Standar Nasional Pendidikan. 102501.

Dachi, S.W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 4 (2)

I Komang Sukendra dan I Wayan Sumandya. (2019). Model Pembelajaran Problem Based

Batubara, I.H., Saragih, S., Simamora, E., Napitupulu, E.E., & Sari, I.P. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024-1037

Juleha, Siti.,Dkk. (2020). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Kemampuan Matematika.Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 04(02), 800-810.

Manurung, A.A., Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Interaktif Pada Keterampilan Komunikasi Matematis Untuk Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 19-27

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 308.

Dachi, S.W., & Batubara, I.H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Student’s Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 174-177

Milati Khasanah, Indah. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar.3(3),1121-1127.

Rahmatika, A., Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2022). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA ATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal EduTech Vol 8 (2)

Dachi, S.W. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia power pointt terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika fkip umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4 (1), 101-105

Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S., & Siregar, E.F.S. (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 854-859

National Council of Teachers of, & Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics.

Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendikia, 04(02), 711–723.

Ratumanan dan Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Dachi, S.W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1)

Sari, E. P., & Karyati, K. (2021). Keefektifan model pembelajaran core ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, representasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 227–240.

Siagian, M. D., Suwanto, S., & Siregar, R. (2021). The relationship of students’ priorm knowledge and emotional intelligence to mathematical connection ability. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 61–72.

Son, A. L., Sudirman, S., & Widodo, S. A. (2020). Asosiasi kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematika: cross-sectional di timor barat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 326–337.

Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TERBIMBING METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 28-35

Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis miskonsepsi siswa ditinjau dari teori kontruktivisme pada materi segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185–200.

Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2021). Penggunaan software geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-406

Dachi, S.W., & Rezeki, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education 5 (2), 4644-4653

Subadi, Tjipto. 2020. Lesson Studi Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas): Suatu Model Pembinaan menuju Guru Profesional. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.19828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.