EFEKTIFITAS PEBELAJARAN MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD 4 DERSALAM

Vina Dewi Ambarwati, Yunia Nadia Putri, Fitriyah Amaliyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap perbedaan hasil belajar siswa kelas 5 SD 4 Dersalam dengan desain pre-eksperimen menggunakan desain pre test dan post test. Dalam kegiatan penelitian ini, subjek yang kami gunakan adalah siswa kelas V SD 4 Dersalam yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang kami gunakan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual berbasis aplikasi Youtube materi bangunan datar terhadap hasil belajar adalah melalui kegiatan pemberian soal sebanyak 5 soal. Dalam penelitian ini teknik analisis yang kami gunakan adalah uji Paired sample t-test. Dari hasil penelitian tersebut diketahui terdapat pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor antara Pre test dan Post test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata Pre test sebesar 67,50 sedangkan nilai rata-rata Post test sebesar 80,00 sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.


Keywords


Audiovisual, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

References


Amaliyah Fitriyah, Malasari, Risma Maula, Farhana Nur Azura, Afua Febrianti, and Ema Rosilia. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep MatematikaDielas X SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2016/2017.” Conference Of Elementary Studies: 610–18.

Dachi, S.W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 4 (2)

Batubara, I.H., Saragih, S., Simamora, E., Napitupulu, E.E., & Sari, I.P. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024-1037

Amaliyah, Fitriyah, Jody Setya Hermawan, and Desi Puspita Sari. 2023. “Pengaruh Self Efficacyterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2): 5482–90.

Manurung, A.A., Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Interaktif Pada Keterampilan Komunikasi Matematis Untuk Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 19-27

Bana, Martinus, Reza Syehma Bahtiar, and Endang Nuryasana. 2023. “Media Dongeng Berbasis Audio Visual Dalam Peningkatan Karakter Disiplin Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Penelitian 3(9): 7515–24. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2438.

Dachi, S.W., & Batubara, I.H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Student’s Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 174-177

Ermawati, Diana. 2024. “PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA PANTERU.” 7(20): 3201–5.

Rahmatika, A., Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2022). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA ATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal EduTech Vol 8 (2)

Fadilah, Ninik Uswatun. 2006. “Media Pembelajaran: Definisi, Manfaat, Dan Jenisnya Dalam Pembelajaran.”

Dachi, S.W. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia power pointt terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika fkip umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4 (1), 101-105

Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S., & Siregar, E.F.S. (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 854-859

Fatimah, Waddi, Abdul Malik Iskandar, Perawati Bte Abustang, and Mika

Silva Rosarti. 2022. “Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi.” Jurnal Basicedu 6(6): 9324–32. doi:10.31004/basicedu.v6i6.3287.

Gabriela, Novika Dian Pancasari. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 104–13. doi:10.33487/mgr.v2i1.1750.

Dachi, S.W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1)

Ichsan, Jazilatur Rahmah et al. 2021. “Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian ke-III (snhrp-III 2021): 183–88.

Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TERBIMBING METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 28-35

Kirani, Fuji, and Mochamad Guntur. 2023. “Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 2 Walahar.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 8(1): 56–63. doi:10.26618/jkpd.v8i1.9692.

Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2021). Penggunaan software geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-406

Malasari, Risma Maula et al. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep MatematikaDielas X SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2016/2017.” Conference Of Elementary Studies: 610–18.

Dachi, S.W., & Rezeki, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education 5 (2), 4644-4653

Maydianto, and Muhammat Rasid Ridho. 2021. “Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop.” Jurnal Comasie 02: 50–59.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.20489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.