EFEKTIFITAS PEBELAJARAN MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD 4 DERSALAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap perbedaan hasil belajar siswa kelas 5 SD 4 Dersalam dengan desain pre-eksperimen menggunakan desain pre test dan post test. Dalam kegiatan penelitian ini, subjek yang kami gunakan adalah siswa kelas V SD 4 Dersalam yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang kami gunakan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual berbasis aplikasi Youtube materi bangunan datar terhadap hasil belajar adalah melalui kegiatan pemberian soal sebanyak 5 soal. Dalam penelitian ini teknik analisis yang kami gunakan adalah uji Paired sample t-test. Dari hasil penelitian tersebut diketahui terdapat pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor antara Pre test dan Post test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata Pre test sebesar 67,50 sedangkan nilai rata-rata Post test sebesar 80,00 sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (61-68) (Bahasa Indonesia)References
Amaliyah Fitriyah, Malasari, Risma Maula, Farhana Nur Azura, Afua Febrianti, and Ema Rosilia. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep MatematikaDielas X SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2016/2017.” Conference Of Elementary Studies: 610–18.
Dachi, S.W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 4 (2)
Batubara, I.H., Saragih, S., Simamora, E., Napitupulu, E.E., & Sari, I.P. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024-1037
Amaliyah, Fitriyah, Jody Setya Hermawan, and Desi Puspita Sari. 2023. “Pengaruh Self Efficacyterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2): 5482–90.
Manurung, A.A., Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Interaktif Pada Keterampilan Komunikasi Matematis Untuk Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 19-27
Bana, Martinus, Reza Syehma Bahtiar, and Endang Nuryasana. 2023. “Media Dongeng Berbasis Audio Visual Dalam Peningkatan Karakter Disiplin Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Penelitian 3(9): 7515–24. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2438.
Dachi, S.W., & Batubara, I.H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Student’s Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 174-177
Ermawati, Diana. 2024. “PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA PANTERU.” 7(20): 3201–5.
Rahmatika, A., Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2022). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA ATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal EduTech Vol 8 (2)
Fadilah, Ninik Uswatun. 2006. “Media Pembelajaran: Definisi, Manfaat, Dan Jenisnya Dalam Pembelajaran.”
Dachi, S.W. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia power pointt terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika fkip umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4 (1), 101-105
Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S., & Siregar, E.F.S. (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 854-859
Fatimah, Waddi, Abdul Malik Iskandar, Perawati Bte Abustang, and Mika
Silva Rosarti. 2022. “Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi.” Jurnal Basicedu 6(6): 9324–32. doi:10.31004/basicedu.v6i6.3287.
Gabriela, Novika Dian Pancasari. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 104–13. doi:10.33487/mgr.v2i1.1750.
Dachi, S.W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1)
Ichsan, Jazilatur Rahmah et al. 2021. “Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian ke-III (snhrp-III 2021): 183–88.
Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TERBIMBING METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 28-35
Kirani, Fuji, and Mochamad Guntur. 2023. “Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 2 Walahar.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 8(1): 56–63. doi:10.26618/jkpd.v8i1.9692.
Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2021). Penggunaan software geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-406
Malasari, Risma Maula et al. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep MatematikaDielas X SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2016/2017.” Conference Of Elementary Studies: 610–18.
Dachi, S.W., & Rezeki, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education 5 (2), 4644-4653
Maydianto, and Muhammat Rasid Ridho. 2021. “Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop.” Jurnal Comasie 02: 50–59.
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.20489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.