MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Pramestry Yonanda, Ely Susanti, Novi Triana, Nuril Fajria Ramadhona

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis permainan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III D di SD Negeri 130 Palembang dengan jumlah 26 siswa yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pada siklus I diperoleh 49,6% siswa yang sudah termotivasi untuk belajar dan pada siklus II diperoleh 87,2% siswa yang termotivasi untuk belajar. Dapat disimpulkan bahwa hasil implementasi media pembelajaran berbasis permainan dalam mata pelajaran matematika berhasil karena terdapat peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar siswa.

Keywords


Media Pembelajaran, Matematika, Motivasi Belajar

References


Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2).

Dachi, S.W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 4 (2)

Ardiyani, S. M., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2019). The Impact Of Think Pair Share Model On Mathematics Learning In Elementary Schools. Journal Of Education And Learning (Edulearn), 13(1), 93–97. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.11591/Edulearn.V13i1.8427

Batubara, I.H., Saragih, S., Simamora, E., Napitupulu, E.E., & Sari, I.P. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024-1037

B. Uno, Hamzah. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Manurung, A.A., Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Interaktif Pada Keterampilan Komunikasi Matematis Untuk Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 19-27

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826.

Dachi, S.W., & Batubara, I.H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Student’s Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 174-177

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 8-12.

Rahmatika, A., Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2022). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA ATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal EduTech Vol 8 (2)

Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 1(3), 204–211.

Dachi, S.W. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia power pointt terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika fkip umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4 (1), 101-105

Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S., & Siregar, E.F.S. (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 854-859

Heryadi, Y., Rahmani, A., & Arti, N. S. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 4(2), 26-34.

Dachi, S.W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1)

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, 289–302.

Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TERBIMBING METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 28-35

Salsabila, N. H., & Setyaningrum, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran MatematikaBerbasis Game: Statistics In Arctic. Mandalika Mathematics And Educations Journal, 1(1),13–25.

Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2021). Penggunaan software geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-406

Sardiman, A.M.(2020). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar.Jakarta: Rajawali.

Sari, A. S. P., Sembiring, N., & Wau, K. (2022). Improving Students’ Vocabulary Mastery On Synonyms Through The Application Of Think Pair Share (Tps) Technique. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal), 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33258/Birci.V5i2.5561

Sinaga, D. Y., & Pasaribu, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Game Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Dikelas Awal. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 385-396.

Siregar, N., & Purba, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Asam Dan Basa Di Sekolah Menengah Atas. Https://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/43140

Sitopu, Y. B., Sitinjak, K. A., & Marpaung, F. K. (2021). The Influence Of Motivation, Work Discipline, And Compensation On Employee Performance. Golden Ratio Of Human Resource Management, 1(2), 72–83. Https://Doi.Org/10.52970/Grhrm.V1i2.79

Dachi, S.W., & Rezeki, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education 5 (2), 4644-4653

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323-330.

Yustina, A. F., & Yahfizham, Y. (2023). Game Based Learning Matematika dengan Metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615-630.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.20794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.