MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (41-53) (Bahasa Indonesia)References
Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2).
Dachi, S.W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 4 (2)
Ardiyani, S. M., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2019). The Impact Of Think Pair Share Model On Mathematics Learning In Elementary Schools. Journal Of Education And Learning (Edulearn), 13(1), 93–97. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.11591/Edulearn.V13i1.8427
Batubara, I.H., Saragih, S., Simamora, E., Napitupulu, E.E., & Sari, I.P. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024-1037
B. Uno, Hamzah. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Manurung, A.A., Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Interaktif Pada Keterampilan Komunikasi Matematis Untuk Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 19-27
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826.
Dachi, S.W., & Batubara, I.H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Student’s Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 174-177
Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 8-12.
Rahmatika, A., Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2022). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA ATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal EduTech Vol 8 (2)
Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 1(3), 204–211.
Dachi, S.W. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia power pointt terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika fkip umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4 (1), 101-105
Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S., & Siregar, E.F.S. (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 854-859
Heryadi, Y., Rahmani, A., & Arti, N. S. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 4(2), 26-34.
Dachi, S.W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1)
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, 289–302.
Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TERBIMBING METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 28-35
Salsabila, N. H., & Setyaningrum, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran MatematikaBerbasis Game: Statistics In Arctic. Mandalika Mathematics And Educations Journal, 1(1),13–25.
Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2021). Penggunaan software geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-406
Sardiman, A.M.(2020). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar.Jakarta: Rajawali.
Sari, A. S. P., Sembiring, N., & Wau, K. (2022). Improving Students’ Vocabulary Mastery On Synonyms Through The Application Of Think Pair Share (Tps) Technique. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal), 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33258/Birci.V5i2.5561
Sinaga, D. Y., & Pasaribu, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Game Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Dikelas Awal. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 385-396.
Siregar, N., & Purba, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Asam Dan Basa Di Sekolah Menengah Atas. Https://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/43140
Sitopu, Y. B., Sitinjak, K. A., & Marpaung, F. K. (2021). The Influence Of Motivation, Work Discipline, And Compensation On Employee Performance. Golden Ratio Of Human Resource Management, 1(2), 72–83. Https://Doi.Org/10.52970/Grhrm.V1i2.79
Dachi, S.W., & Rezeki, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education 5 (2), 4644-4653
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323-330.
Yustina, A. F., & Yahfizham, Y. (2023). Game Based Learning Matematika dengan Metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615-630.
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.20794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.