Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika

Sulasih Sulasih, Dani Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Jatisari pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jatisari. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh ukuran sampel penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa kelas VIII di sekolah tersebut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang terdiri dari 5 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis di antara siswa masih bervariasi dan cenderung rendah. Dari hasil pengkategorian, mayoritas siswa berada pada tingkat pemahaman konsep yang sedang, yaitu 63%, dengan hanya sedikit siswa yang mencapai tingkat tinggi, yaitu 24%.


Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika

References


Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. May, 0–7.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Cahyani, C. A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 26-30.

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dan Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Numeracy, 5(1), 49-56.

Hafriani, H. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur dengan Menggunakan ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63-80.

Inayatusufi, C., El Hakim, L., & Sari, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 28-37.

Indriani, S., Nuryadi, N., Marhaeni, N. H., & Kurniati, R. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat dan Segitiga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3959-3966.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.

Kusnandar, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gelas Perkalian terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Perkalian. Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(1), 10-18.

Mawaddah, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 118-125.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Napiah, N., Kurniawati, I., & Fitriana, L. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Himpunan melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)(Penelitian Dilakukan Di Kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018). Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 3(5), 535-547.

Nurhayati, D. M., Herman, T., & Suhendra, S. (2017, September). Analysis of Secondary School Students’ Algebraic Thinking and Math-Talk Learning Community To Help Students Learn. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012054). IOP Publishing.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62.

Sari, L., Siswono, T. Y. E., & Manuharawati, M. (2021). Kompetensi Strategis Siswa Tipe Melankolis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Kesebangunan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Sumaryati, I., Rahayu, R., & Utaminingsih, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD melalui Model Guided Discovery Learning Berbantuan Permainan Kaki Bima. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 59-66.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.21022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.