Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Jihan Husna Fadillah, Pehulysa Sagala, Amanda Syahri Nasution, Hidayat Hidayat, Srikanti Hutasoit

Abstract


Keaktifan belajar pada siswa saat proses pembelajaran dilaksanakan belum melaksanakan tugas belajar dan mengeluarkan pendapat yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian kelas X DKV-3 SMK Negeri 10 medan dengan 36 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap planning (perencanaan), action (pelaksanaan), observing (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan menentukan persentase keaktifan belajar peserta didik dari data observasi dan lembar keaktifan belajar matematika. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, mengalami peningkatan keaktifan belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model PBL dengan pendekatan CRT. Peningkatan keaktifan belajar matematika peserta didik pada tahap pra siklus diperoleh persentase keaktifan belajar peserta didik sebesar 41,31%, kemudian pada siklus I persentase keaktifan belajar peserta didik diperoleh sebesar 62,93% dan pada siklus II persentase keaktifan belajar peserta didik diperoleh sebesar 82,55%.


Keywords


Keaktifan Belajar, Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dachi, S.W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 4 (2)

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Konsep dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Filasthiin Falaakh, M., Rahmawati, R., & Yulianti, D. (2019). Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 37–49.

Batubara, I.H., Saragih, S., Simamora, E., Napitupulu, E.E., & Sari, I.P. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024-1037

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. New York: Teachers College Press.

Manurung, A.A., Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Interaktif Pada Keterampilan Komunikasi Matematis Untuk Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 19-27

Gusna, R., Darmawan, A., & Lestari, S. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penelitian Tindakan Kelas Secara Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 45–60.

Gustiwi, R. (2017). Pengembangan Soft Skill Melalui Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 55–67.

Dachi, S.W., & Batubara, I.H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Student’s Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 174-177

Hanifan, J., & Zhanty, A. (2019). Aktivitas Belajar yang Efektif: Pendekatan Fisik dan Psikis. Jurnal Pendidikan Dan Inovasi, 5(1), 45–58.

Heryati, I. (2021). Dampak Metode Pembelajaran yang Kurang Menarik Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 34–84.

Rahmatika, A., Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2022). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA ATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal EduTech Vol 8 (2)

Huzaimatul, M., Rahmawati, R., & Sari, D. (2024). Culturally Responsive Teaching dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 10–20.

Kunandar. (2013). Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Dachi, S.W. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia power pointt terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika fkip umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4 (1), 101-105

Kusuma, E. (2014). Upaya Mentransfer Pengetahuan dan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(3), 145–156.

Batubara, I.H., Sari, I.P., Hariani, P.P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B.S., & Siregar, E.F.S. (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 854-859

Maharani, D., Santoso, A., & Pramono, A. (2019). Perkembangan Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Solus. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 77–85.

Mariyaningsih, R., & Hidayati, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Mengatasi Masalah Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 121–130.

Dachi, S.W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1)

Muliastrini, S. (2020). Pendidikan Paradigma Baru di Era Abad 21: Tantangan dan Peluang. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 15(1), 21–30.

Sari, I.P., & Dachi, S.W. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TERBIMBING METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 5 (1), 28-35

Nurhalimah, F., & Meilinda, R. (2023). Penerapan Model PBL dan Diferensiasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(11), 22–35.

Batubara, I.H., & Sari, I.P. (2021). Penggunaan software geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398-406

Nurrohim, A., Sari, D. P., & Widiastuti, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 15–25.

O’Leary, M. (2020). Connecting Learning to Real-World Situations Through CRT. Journal of Educational Research, 15(3), 88–95.

Pohan, H. (2017). Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 50–62.

Prayitno, S. (2020). Suasana Belajar dalam Model Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 40–55.

Puspitasari, L., Rahmawati, R., & Sari, D. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(3), 77–89.

Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dachi, S.W., & Rezeki, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education 5 (2), 4644-4653

Wibowo, A. (2016). Keaktifan Belajar dan Suasana Kelas yang Kondusif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 123–135.

Widyastuti, R., & Widodo, S. (2018). Peran Aktivitas Fisik dalam Proses Pembelajaran. Urnal Pendidikan Fisik Indonesia, 6(3), 78–87.

Wiyata, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 15–30.

Yunitasari, A., & Hardini, S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Inovasi, 5(2), 65–78.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.21235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.